Menu Close

Articles on Muslim

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Pasukan Hamas dalam pertunjukan militer anti-Israel di Jalur Gaza pada tahun 2019. Anas-Mohammed/Shutterstock

Asal-usul dan ideologi Hamas yang sering disalahpahami

Asal-usul dan ideologi Hamas kerap kali disalahpahami. Berikut adalah beberapa hal tentang sejarah Hamas dan apa yang mereka yakini.
Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly (kiri) menyerahkan dokumen pandangan pemerintah terkait RKUHP kepada Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (kedua kanan). Galih Pradipta/Antara Foto

Politik penistaan: Mengapa Pakistan dan beberapa negara Muslim lain gencar memperketat hukum penistaan agama

Pakar politik menjelaskan sejarah undang-undang penistaan agama di negara-negara mayoritas Muslim dan bagaimana aturan tersebut membungkam perbedaan pendapat.
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama memberikan keterangan pers tentang agenda KTT Keagamaan G20 (Religion-20/R20). NU Online

KTT Keagamaan G20 pertama akan dihadiri organisasi militan India Rashtriya Swayamsevak Sangh: langkah berani NU untuk wujudkan perdamaian global

Mengundang Rashtriya – yang terkenal atas perannya dalam konflik kekerasan antara umat Hindu dan Muslim di India – justru dapat membantu memulai gerakan global kerukunan antaragama.
Kelompok Muslim membakar obyek yang menggambarkan Nupur Sharma, dalam sebuah demonstrasi di Karachi, Pakistan. AP Photo/Fareed Khan

Mengapa negara-negara mayoritas Muslim cepat merespons dugaan penistaan agama, tetapi sering mengabaikan pelanggaran terhadap hak Muslim minoritas?

Seorang akademisi Islam menulis tentang bagaimana otoritarianisme yang meluas di negara-negara Islam memengaruhi kebijakan luar negeri mereka terhadap minoritas Muslim di luar negeri.
Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Cina menggunakan beasiswa kuliah untuk membentuk pandangan politik para santri dan pelajar Muslim Indonesia terkait isu seperti diskriminasi terhadap minoritas Uyghur di Xinjiang, Cina. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Bagaimana Cina menggunakan beasiswa kuliah untuk menyetir pandangan politik para santri Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Cina menggunakan beasiswa kuliah untuk membentuk pandangan politik para santri Indonesia terkait isu seperti diskriminasi terhadap minoritas Uyghur.
Sekumpulan anak muda berpartisipasi dalam Jakarta Climate Strike pada tahun 2019. (The Conversation Indonesia/Luthfi T. Dzulfikar)

Khalifah di bumi: bagaimana anak muda Muslim di Indonesia memperjuangkan isu lingkungan berlandaskan nilai agama

Banyak aktivis muda Muslim di Indonesia berpegang teguh pada nilai agama untuk mengemban tugas sakral untuk menjaga lingkungan. Kini “green Islam” menjadi agenda penting kaum muda dunia.

Top contributors

More