Menu Close

Articles on One Health

Displaying 1 - 20 of 37 articles

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) membeli daging sapi untuk dibagikan kepada warga saat mengunjungi Pasar Badung di Denpasar, Bali, 21 September 2022. Indonesia meningkatkan volume impor daging sapi. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nz

Pendekatan One Health untuk keamanan pangan dan kesehatan di Indonesia

Seharusnya penguatan sistem keamanan pangan nasional dijadikan kunci dalam menjaga kesehatan masyarakat dari ancaman penyakit zoonosis bawaan makanan.
Fungsi laboratorium kesehatan kesehatan yang terintegrasi sangat penting untuk mencegah dan mengendalikan penyakit. Pexels/Chokniti Khongchum

Ancaman wabah di depan mata: pemerintah harus segera terbitkan regulasi Laboratorium Kesehatan Masyarakat yang komprehensif!

Kekosongan hukum terkait jejaring lab kesehatan masyarakat tidak bisa dibiar terlalu lama karena penyakit menular sedang mengancam di depan mata setiap saat. Taruhannya adalah nyawa penduduk!
Pemerintah Indonesia memberlakukan kebijakan baru mulai 17 Juli 2022 bahwa penumpang pesawat domestik wajib vaksinasi tahap ke tiga atau booster COVID-19. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.

Kasus varian Omicron BA.4 dan BA.5 makin meningkat: mengapa selalu berulang naik-turun kasus COVID?

Mereduksi segala fenomena yang terjadi semata-mata karena kemampuan varian baru dan rincian mutasi-mutasi yang terjadi, membuat fokus terhadap aspek inang dan lingkungan dipandang sebelah mata.
Petugas Dinas Kelautan Perikanan Pertanian dan Pangan Bidang Peternakan Kota Lhokseumawe memeriksa kesehatan mulut hewan kurban di Desa Bandar Masen, Lhokseumawe, Aceh, 30 Juni 2022. ANTARA FOTO/Rahmad/foc

Wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak makin luas: mengapa belum terkendali?

Wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak makin luas: mengapa belum terkendali?
Salah satu menekan penularan virus adalah membatasi pergerakan hewan antardaerah dan vaksinasi.
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Rubella pada murid Taman Kanak-Kanak Aisyiyah saat pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Pontianak, Kalimantan Barat, 31 Mei 2022. ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/tom

Riset: pandemi COVID-19 akibatkan anak-anak Indonesia mengalami dampak bertumpuk

Kebijakan penutupan sekolah, isolasi sosial, dan ketidakpastian ekonomi menyebabkan anak-anak mengalami tekanan psikologis.
Pengunjung mematahkan batang rokok saat kampanye anti tembakau di Depok Town Square, Depok, Jawa Barat, 30 Mei 2022. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

Riset: belajar dari Kota Bogor dan Depok, ada peluang untuk larang iklan rokok luar ruang

Caranya, memasukkan melarang iklan tembakau luar ruang (OTA) dan tampilan produk tembakau di tempat penjualan (POS) ke dalam revisi peraturan KTR.
Rokok elekrik dipromosikan dan diiklankan lewat media sosial. Pexels/Ravi Kant

Riset: paparan iklan rokok elektrik di media sosial terbukti mendorong penggunaannya di Indonesia

Rokok elektrik merupakan masalah kesehatan masyarakat global, termasuk di Indonesia yang masih belum memiliki pengendalian tembakau yang komprehensif.
Dokter Hewan memeriksa sapi di sebuah tempat penjualan hewan kurban di Babakan Ciparay, Bandung, Jawa Barat, 17 Mei 2022, untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU

Pakar Menjawab: apakah penyakit mulut dan kuku hewan ternak bisa menular ke manusia?

Penyakit ini lebih banyak menimbulkan masalah dari sisi bisnis peternakan dan industri yang terkait, ketimbang kesehatan masyarakat.

Top contributors

More