Menu Close

Articles on pandemi

Displaying 1 - 20 of 169 articles

Calon presiden di acara debat calon presiden 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, 4 Februari 2024. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww

Minimnya janji calon presiden untuk ketahanan sistem kesehatan hadapi pandemi ke depan

Sayangnya belum cukup setahun berakhir, ketiga pasangan calon presiden seolah telah lupa bagaimana dahsyatnya pandemi tersebut telah mengguncang dunia, Indonesia dan masyarakatnya.
Meskipun pasangan yang lebih muda cenderung membagi pekerjaan rumah tangga secara lebih adil, perempuan tetap memikul sebagian besar tanggung jawab rumah dan keluarga. Shutterstock

Pandemi memperburuk ketidaksetaraan gender dalam pembagian tugas rumah tangga

Pada awal pandemi, remote working diprediksi akan mendorong pembagian tugas rumah tangga yang lebih setara. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal ini tidak terjadi.
Petugas kesehatan menyiapkan vaksin COVID-19 di Balai Kota Yogyakarta, 15 Desember 2022. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc

Riset: Takut “hukuman” administratif, salah satu pendorong terbesar kelompok rentan ikut vaksinasi COVID

Cakupan vaksinasi COVID-19 tidak terlepas dari kesiapan daerah dengan menyediakan lokasi vaksinasi yang dekat dengan tempat tinggal dan program vaksinasi massal.
Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 penguat (booster) kedua atau dosis keempat kepada seorang warga di Puskesmas Sukagalih, Bandung, Jawa Barat, 25 Januari 2023. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom

Riset eksperimen di Jawa Barat: duta vaksin lokal bisa turunkan keraguan vaksin COVID

Perempuan dan responden dengan status sosial ekonomi rendah lebih responsif terhadap duta vaksin dari kader kesehatan dibandingkan dengan duta vaksin dari kelompok orang awam.
XBB.1.5 menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan kemungkinan akan menjadi subvarian COVID-19 dominan berikutnya. (Shutterstock)

FAQ terkait COVID-19 subvarian XBB.1.5: Apa itu? Di mana banyak ditemukan? Apa bedanya dengan Omicron? Apakah sebabkan sakit serius? Bagaimana lindungi diri? Kenapa dinamai ‘Kraken’?

XBB.1.5 dianggap sama-sama mampu menyebabkan penyakit serius pada lansia dan orang dengan gangguan kekebalan dibandingkan dengan subvarian Omicron yang menjadi perhatian sebelumnya.
Presiden Joko Widodo (tengah) membuka secara resmi KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, 15 November 2022. Keputusan pemimpin anggota G20 mempengaruhi sistem kesehatan global. ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/wsj

G20 Sektor Kesehatan: 4 strategi memperkuat respons warga untuk melawan pandemi masa depan

Modal sosial ini dapat dimanfaatkan sekarang dan pasca-pandemi untuk menjaga akses masyarakat pada pelayanan kesehatan esensial tertentu.
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) membeli daging sapi untuk dibagikan kepada warga saat mengunjungi Pasar Badung di Denpasar, Bali, 21 September 2022. Indonesia meningkatkan volume impor daging sapi. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nz

Pendekatan One Health untuk keamanan pangan dan kesehatan di Indonesia

Seharusnya penguatan sistem keamanan pangan nasional dijadikan kunci dalam menjaga kesehatan masyarakat dari ancaman penyakit zoonosis bawaan makanan.

Top contributors

More