Menu Close

Articles on Bencana

Displaying 1 - 20 of 37 articles

Awan panas meluncur dari kawah Gunung Semeru, terlihat dari Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Senin 6 Desember 2021. Awan panas meluncur sejauh 2,5 kilometer ke Besuk Kobokan. . ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/wsj

Gunung Semeru meletus: sejarah erupsinya dan jaminan kesuburan tanah untuk masa depan

Letusan Semeru sudah sering terjadi sejak awal abad ke-19. Siklus aktif selama 7-28 tahun dan dorman 6 sampai 28 tahun berulang sampai sekarang.
Gunung Merapi mengeluarkan lava pijar terlihat dari Turi, Sleman, Yogyakarta, 9 September 2021. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) hari itu mendeteksi 11 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter ke arah barat daya. . ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj

Cara mendeteksi dan antisipasi bencana alam ekstrem dengan sensor gelombang infrasonik

Sensor dengan akurasi yang tinggi yang kami buat berhasil mendeteksi lokasi sumber gelombang infrasonik dari beberapa fenomena alam yang ekstrem di Jepang.
Petugas mengamati informasi gempa bumi terbaru melalui alat Warning Receiver System (WRS) di kawasan pariwisata The Nusa Dua, Badung, Bali, 6 September 2021. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/foc

Riset: animasi tiga dimensi dapat tingkatkan literasi tsunami di pesisir

Animasi seperti ini mudah dipahami jika digunakan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat dalam materi pelatihan evakuasi bencana.
Sebagian kerusakan akibat Siklon Tropis Seroja di Dili, Timor Leste, pada April 2021. Kandhi Barnez/AP

Mengapa melibatkan penyandang disabilitas dalam persiapan bencana memiliki dampak lebih baik

Mengesampingkan penyandang disabilitas dalam persiapan dan menanggapi bencana membuat mereka semakin rentan. Ada bentuk kemitraan baru yang memungkinkan mereka memainkan peran lebih penting dan aktif.
Sebuah desa di pinggiran ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar, terkena banjir pada tahun 2019. RISE program, foto oleh Noor Ilhamsyah.

Bagaimana ilmuwan dan masyarakat dapat bekerja sama untuk menangani banjir: pelajaran dari Indonesia

Penduduk daerah rawan banjir telah mengandalkan kearifan lokal dan dukungan masyarakat untuk menangani banjir selama berabad-abad. Bisakah para ilmuwan bekerja dengan mereka untuk lebih memahami banjir?

Top contributors

More