Menu Close

Articles on Lingkungan hidup

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Di luar negeri, anak muda menjadi salah satu aktor kunci dalam aktivisme pro lingkungan. Bagaimana dengan di Indonesia? Jacob Lund/shutterstock.

Riset: antusiasme Gen Z di Jawa dan Bali pada isu lingkungan masih rendah

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak muda di Indonesia peduli masalah iklim, antusiasme, pengetahuan dan kontribusi mereka ternyata masih rendah. Apa penyebabnya?
Protes masyarakat di kantor Gubernur Jawa Tengah menolak proyek tambang andesit di Wadas. (Wadas Melawan)

Cuma formalitas: Riset temukan penghargaan lingkungan Nirwasita Tantra pemerintah hanya berdasarkan dokumen, bukan kenyataan

Penyusun dokumen kinerja lingkungan adalah pihak-pihak yang ditunjuk pemerintah daerah, sehingga sulit mendapati analisis yang kritis mengenai persoalan lingkungan dalam dokumen kinerja mereka.
Profesor Jatna Supriatna ketika menjadi pembicara di salah satu sesi diskusi panel di Paviliun Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim (COP/UNFCC) ke-23 Fiji di Bonn, Jerman. ANTARA FOTO/Saptono/Kye/17

Profesor Jatna Supriatna: dedikasikan diri untuk hayati melalui riset

Profesor Jatna sangat aktif berkecimpung di dunia riset dan penelitiannya banyak mendapat pengakuan dari kalangan akademisi di tingkat global.
Gambar dari udara areal tambang di Kalimantan Timur. Muhamad Muhdar

Lemahnya regulasi minerba berpotensi tingkatkan angka korban tenggelam di lubang bekas tambang

Revisi UU Minerba 2009 masih memberikan kelonggaran bagi perusahaan tambang untuk menutup lubang bekas tambang. Ini berpotensi meningkatkan angka korban kecelakaan.
Warga Jakarta ajukan tuntutan hukum atas pemerintah terkait buruknya kualitas udara di ibukota. EPA/BAGUS INDAHONO

Sumber masalah polusi Jakarta: Kebijakan pemerintah yang buruk

Munculnya gugatan warga Jakarta untuk kualitas udara yang lebih bersih seharusnya mendorong Pemprov DKI Jakarta untuk evaluasi kebijakan pemulihan udara.
Premiere film Godzilla: King of the Monsters di TCL Chinese Theatre di Hollywood, California, 18 Mei 2019 Sheri Determan/WENN.com

Godzilla: King of the Monsters, evolusi pesan-pesan lingkungan dalam film Godzilla

Godzilla mungkin mengandung radioaktif dan beracun, namun ia juga merupakan monster yang peduli pada lingkungan. Sekarang saatnya untuk menyelidiki pesan ekologisnya, karena ia akan ‘mengamuk’ di layar bioskop Anda!
Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno (kiri) adalah salah satu pendiri perusahaan yang menguasai PT BSI, perusahaan tambang emas yang beroperasi di pegunungan Tumpang Pitu, Banyuwangi, Jawa Timur. Ripsa Photo/www.shutterstock.com

Mengapa Jokowi dan Prabowo diam soal Budi Pego, aktivis lingkungan yang dituduh komunis

Di kubu Joko Widodo maupun Prabowo Subianto terdapat kepentingan konglomerat penguasa lahan.

Top contributors

More