Menu Close

Articles on Rasisme

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Lightspring/shutterstock.

Benarkah Immanuel Kant rasis?

Kant dikenal sebagai salah satu peletak dasar filosofis kesetaraan martabat manusia. Namun, pencapaian Kant ini dinodai tudingan rasisme di dalam karya-karyanya. Benarkah Kant rasis?
Klimaks dari simianisasi yang populer adalah film klasik yang sangat sukses dari pabrik horor Hollywood, King Kong. Shutterstock

Membandingkan orang kulit hitam dengan monyet berangkat dari sejarah simian yang panjang dan kelam

Animalisasi tetap merupakan bentuk dehumanisasi yang jahat dan efektif. Simianisasi adalah versi dari strategi ini, yang secara historis merupakan kombinasi mematikan dari seksisme dan rasisme.
Lebih dari 600.000 tentara tewas selama Perang Saudara Amerika. Keith Lance/Digital Vision Vectors via Getty Images

Apa sebenarnya penyebab Perang Saudara di AS?

Banyak orang berpikir Civil War atau Perang Saudara terjadi untuk alasan ekonomi atau kenegaraan. Tapi sebenarnya alasan utama mengapa Perang Saudara terjadi hanya ada satu, yakni perbudakan.
Seorang perempuan menggunakan telepon genggam di dekat mobil yang terbakar habis di Sarcelles, pinggiran utara Paris. Bertrand Guay/AFP

Kerusuhan Prancis: pola kemarahan yang berulang, tanpa ada resolusi

Upaya telah dilakukan untuk memperbaiki perumahan di lingkungan kelas pekerja, tetapi konflik sosial dan budaya telah memburuk. Yang tersisa adalah pertarungan antara kaum muda dan polisi.
Para kuli memilah daun tembakau di gudang tembakau di Deli Medan, yang diawasi oleh mandor Belanda, 1897. www.nationaalarchief.nl

Potret hitam perbudakan rasis di perkebunan Medan era kolonial Belanda

Di belakang kejayaan riset Belanda, saya menemukan banyak korban manusia untuk mengembangkan perkebunan di Sumatera Utara. Perbudakan terjadi secara besar-besaran di sana pada zaman kolonial.

Top contributors

More