Menu Close

Articles on Sejarah

Displaying 1 - 20 of 35 articles

Kebayoran Baru pada era 1950-an, sebagaimana digambarkan dalam film Tiga Dara (1956), menjadi periode penting berkembangnya pengaruh bahasa Inggris di Jakarta Selatan. (SA Films/Perfini)

‘Literally’ anak Jaksel: bagaimana sejarah budaya dan tata ruang kota bisa membentuk fenomena gaya bahasa campur-campur

Bahasa “Jaksel” sering dianggap cerminan tingkat pendidikan dan kelas sosial yang tinggi. Bisa jadi itu benar, tapi fenomena ini bisa dikaji lebih dalam dari lensa sejarah, tata ruang, dan kebahasaan.
PLTU batu bara di London, 1952. John F Oughton / Simon Webster / Alamy. Sejarah perubahan iklim

Mei 70 tahun silam, perubahan iklim pertama kali viral

Perubahan iklim akibat perubahan suhu global sudah dibahas sejak 70 tahun lalu. Namun, ide perubahan iklim akibat ulah manusia dan pembakaran bahan bakar fosil saat itu belum banyak digubris.
Tampilan interior Polito’s Royal Menagerie, Exeter Change, Strand, Westminster, London, 1812. Heritage Images/Hulton Archives via Getty Images

Di mana kebun binatang pertama di dunia?

Sejarawan tidak yakin persis kapan kebun binatang pertama dibangun, tetapi jelas manusia telah memelihara hewan eksotis selama ribuan tahun.
Puncak Gunung Rinjani di Pulau Lombok dengan ketinggian 3.726 m terlihat jelas saat pagi hari dari Desa Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/Koz/mes/10.

Misteri Gunung Samalas: erupsi gunung api yang mengubah dunia pada Abad Pertengahan ternyata ada di Indonesia

Gunung Samalas menambah daftar gunung berapi di Indonesia yang letusannya berdampak signifikan ke benua lain, setelah Gunung Tambora, Gunung Krakatau, dan Gunung Agung.
Demonstran melakukan unjuk rasa menolak PKI di depan Istana Merdeka, Jakarta. Protes serupa dari kalangan agama juga pernah terjadi pada tahun 1965. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/aww/16.

Pendekatan humanis gereja Katolik pada tahanan politik terduga komunis pasca 1965

Penelitian doktoral saya menunjukkan bagaimana gereja Katolik memiliki cara yang berbeda dalam menanggapi isu 1965 ini dengan menggunakan pendekatan yang humanis.

Top contributors

More