Menu Close

Blog

Panduan gaya selingkung ‘The Conversation’ untuk bahasa Indonesia

Gaya selingkung dalam bahasa Indonesia ini disusun oleh para editor ‘The Conversation’ di Indonesia dan merupakan suatu dokumen awal yang masih akan berkembang. Panduan berikut menjelaskan kaidah yang kami ikuti dan pengecualian dari kaidah yang ditetapkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (dahulu Pusat Bahasa).

The Conversation Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) dan Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia masih terus berkembang sesuai zaman dan terkadang otoritas bahasa butuh waktu untuk memutuskan perubahan dalam bahasa, misalnya dalam hal kata serapan dunia teknologi. Selain itu ada celah dalam kaidah yang masih terbuka untuk diperdebatkan atau didiskusikan.

Maka kami juga mencari rujukan bahasa dari diskusi-diskusi daring para pemerhati bahasa seperti Ivan Lanin dan Eko Endarmoko yang mendedikasikan kepakarannya untuk mencari solusi penerjemahan atau gaya selingkung suatu organisasi.

Dalam menyusun gaya selingkung ini kami juga mendapat bantuan dari redaktur bahasa Tempo, Uu Suhardi, yang telah bermurah hati bersedia berbagi pedoman gaya selingkung Tempo yang kami gunakan sebagai salah satu rujukan.

Penulisan judul

The Conversation membuat pengecualian dari PUEBI untuk penulisan judul artikel di The Conversation. Kami menggunakan gaya selingkung jaringan internasional The Conversation. Huruf besar hanya untuk kata di awal kalimat, Anda, nama, atau merek.

Bila di judul ada tanda titik dua, ikuti dengan huruf kecil.

Hindari singkatan di judul, kecuali yang sudah umum seperti puskesmas, KPK, Golkar, PDI-P (nama partai), TNI. Jangan gunakan Kemenkopolhukam atau Kemenristek di judul.

Judul buku, film, jurnal, puisi, cerpen tetap menggunakan PUEBI, yaitu huruf kapital untuk huruf pertama setiap kata kecuali kata tugas seperti di, ke, atas, dalam, buat, yang posisinya bukan kata pertama dari kalimat tersebut. Misalnya: “Sajak buat Basuki Resobowo” dan “Yang Terampas dan Terputus”.

Istilah serapan teknologi dan istilah khusus di ‘The Conversation’

  • Pull quotes: kutipan wara
  • Standfirst: ringkasan muka
  • Republish: republikasi, terbitkan lagi, penerbitan ulang
  • Peer review: penelaahan sejawat
  • Newsletter: nawala
  • Reset: reset (tidak miring)
  • FAQ: FAQ
  • Analytics: analisis data
  • Story: tulisan/artikel
  • Post-publication: pascaterbit, pascapublikasi

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,300 academics and researchers from 4,942 institutions.

Register now