Menu Close
pexels pixabay.

Perubahan iklim meningkatkan risiko penyebaran penyakit oleh nyamuk

Perubahan iklim meningkatkan risiko penyebaran penyakit oleh nyamuk

Perubahan iklim memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan kita. Salah satu dampaknya adalah peningkatan risiko penyebaran penyakit oleh hewan vektor, seperti nyamuk. Hal ini terjadi karena perubahan iklim berhubungan dengan suhu, kelembaban udara, dan curah hujan.

Perubahan iklim mempengaruhi siklus hidup nyamuk dan kebiasaan menghisap darah. Nyamuk termasuk dalam kategori ectothermic, yakni suhu tubuhnya tergantung pada suhu lingkungan sekitarnya (suhu udara).

Tahap siklus hidup yang paling rentan terhadap perubahan iklim adalah saat larva berubah menjadi nyamuk dewasa. Peningkatan suhu akan mempercepat proses perkembangan larva menjadi nyamuk dewasa.

Selain itu, perubahan iklim juga dapat mempercepat proses pencernaan darah yang dihisap oleh nyamuk betina dewasa, sehingga intensitas penghisapannya menjadi lebih tinggi. Hal ini menyebabkan peningkatan frekuensi penularan penyakit.

Bagaimana bisa perubahan iklim ini berdampak terhadap penyebaran penyakit?

Dalam episode Sains Sekitar Kita terbaru, kami berbincang dengan Syafararisa Dian Pratiwi, anggota Research and Survey PIAREA Institute yang menjelaskan secara detail bagaimana perubahan iklim berdampak terhadap penyebaran penyakit menular, khususnya oleh hewan vektor seperti nyamuk.

Dengarkan obrolan lengkap tentang sumber daya alam, energi terbarukan, dan dampak sosial maupun ekonomi akibat perubahan iklim dalam siniar (podcast) Sains Sekitar Kita di KBR Prime, Spotify, dan Apple Podcasts!

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,400 academics and researchers from 4,942 institutions.

Register now