Menu Close
Professor of Electrical Power Engineering, Universitas Indonesia

Adi Surjasatyo adalah dosen di Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Dia meraih gelar sarjana Teknik Mesin di FTUI pada 1986, lalu pendidikan master dan doktoral di Mechanical Enginering Universitas Teknologi Malaysia pada 1997 dan 2002 dengan judul tesis/disertasi Development of a Low Calorific Swirl Gas-Burner Incorporate With a Two Stage Biomass Combution System.

Mengajar mata kuliah Pembangkitan Daya, Konversi dan Konservasi Energi. Sebagai peneliti, bidang kepakaran beliau adalah energi dengan peminatan energi dan bahan bakar alternatif.

Dia juga aktif menulis publikasi ilmiah. Beberapa publikasi ilmiah yang dihasilkan, antara lain Biomass Gasification Using Variation of Air Inlet Flow Rate, Studi Kinerja Swirl Gas Burner di Sistim Gasifikasi Biomassa, Studi Awal Pengoperasian FLUIDIZED BED COMBUSTOR Untuk Organik Di Lingkungan UI, Studi perbandingan karakteristik gasifikasi biomassa sekam padi dan tempurung kelapa, Studi pembakaan gas bernilai kalor rendah sebagai hasil gasifikasi biomassa dari sebuah non-premixed swirl burner dan lain-lain. Pada 2004, dia pernah terlibat The 5th Regional Seminar on Computational Mechanics and Numerical Analysis di Universitas Syah Kuala Banda Aceh. Bersama Prof Yulianto, dia turut menjadi penerjemah buku Termodinamika Teknik karangan Michael J. Moran. Dia menjabat sebagai editor Journal of Sciences and Technology terbitan Johor Indonesian Scientist and Resarcher Association tahun 2005.

Experience

  • –present
    Professor of Electrical Power Engineering, Universitas Indonesia