Menu Close

Engelbertus Wendratama

Peneliti, PR2Media

Engelbertus Wendratama adalah peneliti di Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2Media), sebuah lembaga riset yang berfokus pada regulasi media di Indonesia.

Risetnya berfokus pada jurnalisme, tata kelola digital, dan disinformasi. Publikasi riset terbarunya antara lain Ekspresi Ujaran Kebencian dalam Bahasa Lokal di Indonesia (PR2Media, 2023) COVID-19 Falsehoods on WhatsApp: Challenges and Opportunities in Indonesia (Springer, 2023), Pengaturan Konten Ilegal dan Berbahaya di Media Sosial (PR2Media, 2023), Diskriminasi Gender di Organisasi Media (AJI Indonesia, 2023), dan Kekerasan terhadap Jurnalis Perempuan Indonesia (PR2Media, 2021).

Pada 2012-2014, Wendratama kuliah S2 Jurnalisme Multimedia di Emerson College, Boston, dengan beasiswa Fulbright, dan penerima American-Indonesian Cultural Educational Foundation (AICEF) Award 2013.

Saat mengajar jurnalisme online di Departemen Ilmu Komunikasi UGM sebagai dosen tamu, ia menulis buku Jurnalisme Online: Panduan Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik (Bentang Pustaka, 2017), sebuah panduan praktis untuk beragam pekerjaan dalam jurnalisme multimedia.

Ia salah satu penulis buku WhatsApp Group and Digital Literacy Among Indonesian Women (UGM, 2020), hasil riset penerima WhatsApp Misinformation and Social Research Awards, yang meneliti cara perempuan Indonesia menyikapi misinformasi di WhatsApp pada masa Pemilu 2019.

Wendra, yang lulus dari Ilmu Komunikasi UGM pada 2004, juga menulis buku Kasus Pembunuhan Munir: Kejahatan yang Sempurna? (Gramedia, 2009), sebuah jurnalisme naratif tentang kasus pembunuhan Munir Said Thalib, yang meninggal dunia dalam penerbangan Jakarta-Amsterdam pada 2004.

Experience

  • –present
    Peneliti di PR2Media, PR2Media

Education

  • 2014 
    Emerson College, Boston, US, Jurnalisme Multimedia