Menu Close

Engelbertus Wendratama

Peneliti di PR2Media, PR2Media

Engelbertus Wendratama adalah peneliti di Pemantau Regulasi dan Regulator Media (PR2Media) dan mengajar jurnalisme online sebagai dosen tamu di Ilmu Komunikasi UGM. Ia memberikan berbagai pelatihan untuk penulisan dan jurnalisme di era digital.

Pada 2012-2014, Wendratama kuliah S2 Jurnalisme Multimedia di Emerson College, Boston, dengan beasiswa Fulbright. Ia juga menerima Fulbright Southeast Asia Supplementary Grant untuk menulis laporan tentang regulasi mariyuana di Massachusetts dan Colorado (2013-2014).

Ia adalah penulis buku Jurnalisme Online: Panduan Membuat Konten yang Berkualitas dan Menarik (Bentang Pustaka, 2017), sebuah panduan praktis untuk beragam pekerjaan dalam jurnalisme multimedia.

Dalam riset terbarunya, ia menjadi kolaborator dalam "Grup WhatsApp dan Literasi Digital Perempuan Indonesia" (https://republika.co.id/berita/q7c7ec291/penelitian-perempuan-diamkan-emhoaksem-di-grup-whatsapp).

Wendra, yang lulus dari Ilmu Komunikasi UGM pada 2004, juga menulis buku panduan Melakukan Jurnalisme Data tentang Jaminan Kesehatan Nasional (MediaLink, 2015) dan Kasus Pembunuhan Munir: Kejahatan yang Sempurna? (Gramedia, 2009), sebuah jurnalisme naratif tentang kasus pembunuhan Munir Said Thalib, yang meninggal dunia dalam penerbangan Jakarta-Amsterdam pada 2004.

Experience

  • –present
    Peneliti di PR2Media, PR2Media

Education

  • 2014 
    Emerson College, Boston, US, Jurnalisme Multimedia