Menu Close

Subekti W. Priyadharma

Communication Science Lecturer, Universitas Padjadjaran

Dr. phil. Subekti W. Priyadharma, M.A. adalah dosen di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), Universitas Padjadjaran (Unpad). Ia menyelesaikan studi S2 (2008) dan S3-nya (2021) di bidang riset media dan komunikasi di Universitas Erfurt, Jerman setelah sebelumnya mendapatkan gelar Sarjana Sosial dari Fikom Unpad pada tahun 2004. Dalam melaksanakan studi doktoralnya, ia mendapatkan beasiswa dari DAAD (German Academic Exchange Service).

Disertasinya yang berjudul "Internet and Social Change in Rural Indonesia: From Development Communication to Communication Development in Decentralized Indonesia" telah diterbitkan oleh penerbit Springer, Jerman pada tahun 2021 dengan judul yang sama. Tema-tema penelitiannya antara lain: komunikasi untuk perubahan sosial, ICT4D, media baru dan masyarakat, kajian ruang publik, dan ekologi media. Subekti terbuka untuk berkolaborasi dengan akademisi/lembaga lainnya untuk melakukan penelitian bersama.

Publikasi terakhir:
1. Priyadharma, Subekti (2021): Digitalisasi Media dan Komunikasi Politik (Digitalisierung der Medien und der politischen Kommunikation). In: NADI (28). DAAD Indonesia: Jakarta, 6-14.
2. Priyadharma, Subekti (2021): Internet and Social Change in Rural Indonesia: From Development Communication to Communication Development in Decentralized Indonesia. Wiesbaden: Springer Nature.
3. Grüne, Anne/Hafez, Kai/Priyadharma, Subekti/Schmidt, Sabrina (Hrsg.) (2019): Media and Transformation in Germany and Indonesia: Asymmetrical Comparisons and Perspectives. Berlin: Frank & Timme GmbH.
4. Priyadharma, Subekti (2019): Dimensions of Comparison of German/Indonesian Online Public Spheres. In: Grüne, Anne/Hafez, Kai/Priyadharma, Subekti/Schmidt, Sabrina (Hrsg.): Media and Transformation in Germany and Indonesia: Asymmetrical Comparisons and Perspectives. Berlin: Frank & Timme GmbH, 199-226.

Experience

  • –present
    Communication Science Lecturer, Universitas Padjadjaran