Menu Close

Teguh Haryo Sasongko

Peneliti The Cochrane Collaboration; Associate Professor, School of Medicine dan Institute of Research, Development, and Innovations, International Medical University (IMU) Malaysia

Dr Teguh Haryo Sasongko saat ini adalah seorang Associate Professor di School of Medicine dan Institute of Research, Development, and Innovation di International Medical University, yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Ia menyelesaikan pendidikan dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Indonesia pada 2003. Lima tahun kemudian pada tahun 2008, ia meraih gelar doktor dalam bidang Genetika Molekuler Manusia dari Kobe University Graduate School of Medicine, Jepang melalui Beasiswa Monbukagakusho yang diberikan Pemerintah Jepang.

Dr. Teguh adalah penulis aktif, trainer, dan reviewer untuk The Cochrane Collaboration, sebuah organisasi global yang berkomitmen menghasilkan dan menyebarluaskan praktik dan rawatan kesehatan berbasis bukti (evidence-based healthcare). Dia saat ini memimpin proyek nasional Cochrane Malaysia yang bertujuan menyebarluaskan bukti-bukti kesehatan yang dihasilkan Cochrane untuk publik berbahasa Melayu.

Dia juga seorang Research Fellow dari Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) di Departemen Etika Biomedis dan Kebijakan Publik, Universitas Osaka. Dr. Teguh aktif menerbitkan artikel-artikel ilmiah di jurnal-jurnal bereputasi internasional dalam bidang genetika molekuler manusia dan bioetika, di samping aktif sebagai reviewer untuk berbagai jurnal internasional.

Dr. Teguh adalah salah satu finalis Mark S Ehrenreich Award dalam Kongres Dunia ke-10 Bioetika pada tahun 2010. Penelitian-penelitian Dr. Teguh memiliki fokus pada genetika molekuler dan studi terapi gangguan gen tunggal dan gangguan multifaktorial kompleks yang meliputi Diabetes, Cerebral Palsy, Duchenne Muscular Dystrophy, Atrophy Muscular Spinal, dan Tuberous Sclerosis Complex. Penelitiannya juga melibatkan masalah etika dan sosial pada genetika manusia dan etika medis. Dia merumuskan pedoman etika dan templat formulir persetujuan informasi untuk penelitian genomik dan genetika manusia di Universitas Sains Malaysia.

Experience

  • 2022–present
    Associate Professor, School of Medicine, International Medical University
  • 2022–present
    Associate Professor, Institute of Research, Development, and Innovation, International Medical University

Education

  • 2008 
    MD; Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada; PhD: Kobe University Graduate School of Medicine (Japan), MD (Kedokteran), PhD (Human Molecular Genetics)

Honours

Monbukagakusho Scholarship (2003-2008) dan Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) Fellowship (2016). The Conversation Indonesia Author of the Year Award (Editor's Favourite Sains dan Kesihatan) (2021)