Menu Close

Wicaksana Dramanda

Peneliti Pusat Studi Kebijakan Negara Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Universitas Padjadjaran

Pendidikan Strata 1 (S1) saya selesaikan pada tahun 2012 di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran dengan program kekhususan Hukum Tata Negara. Pendidikan Strata 2 (S2) saya selesaikan di program dan fakultas yang sama pada tahun 2017.

Sejak tahun 2013, saya bekerja sebagai Dosen Tidak Tetap di Departemen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, sekaligus sebagai peneliti di Pusat Studi Kebijakan Negara Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (PSKN FH Unpad). Selama karier saya mengajar, beberapa mata kuliah yang saya ajarkan adalah Hukum Tata Negara, Hukum Tentang Lembaga Negara, Hukum Pemerintahan Daerah, Ilmu Perundang-undangan, Perbandingan Hukum Tata Negara, Hukum Kewarganegaraan dan Keimigrasian, dan Hukum Hak Asasi Manusia. Saya juga cukup aktif menulis dalam jurnal nasional dan internasional. Artikel internasional terbaru saya berjudul “Citizenship and The Indonesian Diaspora: Lessons From The South Korean And Indian Experience” telah dimuat dalam Border Crossing Journal Vol. 8 No. 2, yang diterbitkan oleh Trans Press London untuk edisi Juli-Desember 2018.
Selain dalam dunia akademisi, saya juga bekerja sebagai konsultan hukum bagi pemerintah, baik di level kementerian maupun pemerintahan daerah. Spesialisasi saya adalah dalam hal perancangan peraturan perundang-undangan.

Experience

  • –present
    Peneliti Pusat Studi Kebijakan Negara Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Universitas Padjadjaran

Education

  • 2017 
    Universitas Padjadjaran, Hukum Tata Negara