Menu Close

Articles on Big Data

Displaying all articles

Penduduk diminta lagi mengenakan masker di ruang terbuka seiring meningkatnya kasus COVID-19. Warga pakai masker bersiap menyeberang di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, 24 Juni 2022. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc

Transformasi digital layanan kesehatan terhambat tata kelola data

Belajar dari penanganan pandemi COVID-19, transformasi digital pelayanan publik sektor kesehatan perlu ditopang oleh tata kelola data yang baik. Tanpanya, janji kemudahan akses akan sulit terpenuhi.
Warga menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk pelacakan COVID-19 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, 1 Agustus 2021. Aplikasi ini mengumpulkan data dari para penggunanya. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

Mengapa data kesehatan di Indonesia mudah bocor, dampaknya bahayakan pasien

Namun yang menjadi persoalan adalah banyak masyarakat justru tidak mempelajari atau memahami kebijakan kerahasiaan, termasuk bagian syarat dan kondisi yang berhubungan dengan penggunaan data pribadi.
Pengunjung berjalan di kawasan Mal Margocity pada hari pertama pembukaan kembali pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

Riset ungkap PSBB efektif cegah penyebaran virus, pemerintah jangan terburu-buru terapkan ‘new normal’

Dengan jumlah kasus yang masih tinggi, pemerintah seharusnya tidak terburu-buru mengimplementasi new normal, terutama di wilayah dengan tingkat penyebaran virus yang masih tinggi (zona merah)
Belum banyak tenaga kesehatan yang menggunakan data ponsel untuk membuat keputusan medis. www.shutterstock.com

Diagnosis digital: meramal penyakit dengan gawai

Apabila Anda membawa gawai ke mana-mana, data yang terekam dapat digunakan untuk membuat gambaran yang menyeluruh mengenai kesehatan Anda–dan mengirim peringatan apabila kesehatan Anda memburuk.
Pada akhirnya, dengan penelitian sosial berbasis internet, ilmuwan akan dapat memahami manusia lebih dari manusia tersebut memahami diri mereka sendiri. Montri Nipitvittaya/www.shutterstock.com

Teknologi digital berpotensi memicu revolusi sains dalam penelitian sosial

Teknologi digital dan kemampuannya memproses data yang dihasilkan manusia dalam jumlah besar dapat menjadi alat penelitian sosial yang perkasa.

Top contributors

More