Menu Close

Articles on Maritim

Displaying all articles

Pelabuhan Makassar di Sulawesi Selatan. (ANTARA FOTO/Amas Padda)

Riset kami di kota pesisir Makassar tunjukkan SMK bisa jadi kunci mengembangkan kapasitas digital pekerja muda pelabuhan

Memperbaiki sekolah vokasi, sekaligus menutup celah kompetensi digital, bisa membantu pekerja muda untuk benar-benar meraup manfaat dari ekonomi maritim yang tengah berkembang.
Pemukiman suku Bajo, Torosiaje, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, yang berada di atas laut mulai dikunjungi wisatawan setelah sepi akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aww.

75 tahun merdeka, Indonesia masih punya banyak potensi kembangkan sektor kelautan dan perikanan

Selama 75 tahun Indonesia merdeka, sektor kelautan sudah mendapatkan perhatian. Meski demikian, banyak PR di masa depan untuk pengembangan ekonomi Indonesia (blue economy).
Rajungan biru (Portunus pelagicus). Peneliti Indonesia menemukan jalan menghentikan kepiting saling kanibalistik. Guillermo Guerao Serra/Shutterstock

Cara baru dan murah membudidayakan kepiting kanibal lezat

Menempatkan kepiting kecil di gelas plastik jus menyelamatkan mereka dari kanibalisme. Kepiting bisa dibesarkan bersamaan dengan ikan bandeng di satu kolam.
Ikan berenang di sekitar anjungan minyak di East Flower Garden Bank di Teluk Mexico, Amerika Serikat. Schmahl/Flower Garden Banks National Marine Sanctuary

Mengubah anjungan minyak menjadi wisata terumbu karang, mungkinkah?

Di Indonesia ada 530 anjungan minyak yang sudah memasuki masa pensiun. Peraturan mewajibkan pembongkaran yang bisa memakan biaya jutaan dolar. Mengapa tidak dijadikan terumbu karang saja?
Ikan purba Coelacanth pertama terlihat di perairan Afrika Selatan juga tinggal di seberang lautan Hindia di perairan Indonesia. www.shutterstock.com

Berburu ikan purba di perairan Indonesia Timur

Ikan ini pernah terlihat di perairan Afrika Timur termasuk Afrika Selatan, Madagaskar, Komoro, dan Tanzania. Ikan ini juga hidup di perairan Indonesia.

Top contributors

More