Menu Close

Articles on Penyandang disabilitas

Displaying all articles

Deklarasi pemilu akses ramah disabilitas. Muhammad Adimaja/Antara Foto

Penyandang disabilitas rentan dijadikan ‘vote getter’ dalam pemilu, namun haknya diabaikan

Publik patut mewaspadai jika antusiasme pejabat politik terhadap penyandang disabilitas hanya strategi untuk mendulang suara dalam Pemilu 2024.
Penyandang disabilitas. Freepik

Dari stigma sampai kurangnya sinergi lintas sektor, berikut alasan sulitnya melakukan pendataan akurat terkait penyandang disabilitas

Banyak dari orang tua atau wali dari para penyandang disabilitas yang menutupi keberadaan anggota keluarga mereka tersebut ke dalam sistem administrasi kependudukan dan menyembunyikan keberadaanya.
Beberapa pasien COVID-19 mengalami gejala yang melemahkan selama berbulan-bulan. Sharply_Done/E+ via Getty Images

Long COVID: disabilitas baru yang sulit mendapatkan perlakuan layak

Berbicara tentang perawatan, penelitian tentang long COVID telah menghasilkan pedoman pengobatan yang diusulkan, yang menjanjikan untuk membantu orang hidup lebih baik dengan kondisi tersebut.
Seorang pria penyandang disabilitas di Jakarta. Penting untuk memberikan keterampilan, kepercayaan diri, dan jejaring bagi para aktivis disabilitas untuk terus berkampanye demi penerapan hukum secara penuh. www.shutterstock.com

Riset: dua tahun UU disahkan, aktivis nilai banyak pejabat tak paham disabilitas

Riset kami pada tahun 2018 menunjukkan keengganan pejabat pemerintahan lokal dalam melaksanakan Undang-Undang tentang Penyandang Disabiltas yang baru.
Angka penyandang disabilitas yang menjadi korban kekerasan seksual jauh lebih tinggi dari jumlah yang dilaporkan oleh Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan). www.shutterstock.com

Terlepas kontroversinya, RUU PKS penting bagi penyandang disabilitas

Mereka yang menolak lupa bahwa RUU PKS sesungguhnya mempromosikan dan melindungi hak-hak kelompok di masyarakat yang sangat terpinggirkan perempuan dan anak penyandang disabilitas.

Top contributors

More