Menu Close

Articles on Transportasi publik

Displaying all articles

Sektor transportasi penyumbang terbesar polusi jakarta. Aditya Pradana Putra/Antara Foto

Polusi Jakarta: perlu transportasi publik berkualitas untuk menghadirkan udara bersih di ibu kota

Transportasi publik seharusnya lebih difokuskan untuk menjadi jalan keluar masalah polusi udara Jakarta, tanpa menegasikan sumber-sumber polusi lainnya, seperti limbah pabrik dan PLTU.
Sebuah rangkaian kereta mengangkut para penglaju di Mumbai, India, pada 2009. Meskipun telah terjadi langkah-langkah perbaikan dan modernisasi, kereta api masih jadi metafora India kontemporer. ShutterCo/shutterstock

Kereta sesak dengan penumpang jadi metafora India di mata Barat – namun ini adalah sisa kolonialisme dan kapitalisme

Kecelakaan mematikan di India yang merenggut nyawa sekitar 300 orang telah memfokuskan kembali perhatian internasional pada pentingnya perkeretaapian di negara tersebut.
Pameran motor listrik di Indonesia International Motor Show 2023, Jakarta. (Shutterstock)

Pertumbuhan kendaraan listrik 2023 bakal pesat, ini 6 saran agar Indonesia tidak kewalahan

Asian Development Bank menaksir akan ada 67 ribu unit motor listrik tahun ini, kemudian meningkat menjadi 301 ribu unit hingga 2,86 juta unit pada 2025 dan 2030.
Warga melintas didepan mobil yang melakukan pengisian listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN Purwosari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (21/9/2022). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/nz

Pakar Menjawab: Di tengah kenaikan BBM bersubsidi, pejabat dapat mobil dinas listrik. Tepatkah?

Penggunaan mobil listrik untuk kendaraan dinas merupakan terobosan dalam menggalakkan penggunaan kendaraan listrik. Namun, tetap ada faktor-faktor yang perlu ditelisik secara kritis.
Desain lampu lalu lintas membuat pejalan kaki menunggu lebih lama dengan memberikan prioritas lebih tinggi pada lalu lintas kendaraan. Abaconda Management Group

Tanda lampu lalu lintas manjakan mobil, hambat pejalan kaki

Bila kendaraan bisa menyeberang dengan sistem otomatis, pejalan kaki harus menekan tombol untuk mendapatkan tanda boleh jalan.
Kepadatan lalu lintas dari arah gerbang tol Jakarta menuju BSD, Tangerang Selatan, di jam sibuk sore. Foto diambil 2014. Rendy Diningrat

Penduduk kota ‘baru’ berjibaku ke Jakarta setiap hari: mengapa?

Penduduk kota baru—seperti BSD City, Bumi Parahyangan, Bukit Semarang Baru—setiap hari tetap menglaju ke kota induknya. Padahal kota baru dirancang agar mengurangi beban kota induknya.

Top contributors

More