Menu Close
Label pakaian putih bertuliskan "Kapas Daur Ulang",
Shutterstock

Tren pakaian daur ulang: Bagaimana mereka dibuat dan mengapa begitu sulit membuatnya?

Hari ini kami membuat lebih banyak pakaian daripada sebelumnya. Dan pendorong untuk ini yang utama adalah ekonomi, bukan kebutuhan manusia. Selama beberapa dekade terakhir, istilah “ekonomi sirkular” telah memasuki leksikon industri mode, di mana bahan dibuat untuk digunakan kembali dan didaur ulang dengan desain.

Namun kita belum melihat tingkat daur ulang yang sama dalam mode seperti yang kita lihat di tempat lain – seperti daur ulang plastik, misalnya. Dan ini tentu karena daur ulang pakaian ke pakaian baru jauh lebih sulit dari yang kita bayangkan.

Penggunaan poliester dan kapas daur ulang oleh merek seperti H&M dan Cotton On adalah aspek kunci dari inisiatif keberlanjutan perusahaan ini – tetapi sumber serat daur ulang ini biasanya bukan pakaian. Poliester daur ulang cenderung berasal dari botol plastik dan kapas daur ulang biasanya dibuat dari limbah pabrik.

Faktanya adalah sebagian besar pakaian tidak dirancang untuk didaur ulang. Bahkan ketika itu terjadi, industri fashion tidak memiliki infrastruktur yang diperlukan untuk benar-benar merangkul model ekonomi sirkular.

Mengapa mendaur ulang pakaian itu sulit?

Mendaur ulang pakaian tidak seperti mendaur ulang kertas, kaca, atau logam. Pakaian selalu berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi. Jadi kain tidak ideal untuk teknologi daur ulang, yang membutuhkan bahan sumber yang stabil dan konsisten.

Bahkan pakaian yang tampaknya sederhana dapat mengandung banyak bahan, dengan campuran serat seperti katun/poliester dan katun/elastane menjadi hal yang umum.

Meski tampak sederhana, pakaian merupakan produk kompleks yang mengandung banyak komponen dan bahan. Ini berarti mendaur ulangnya sangat sulit. Shutterstock

Serat yang berbeda memiliki kapasitas yang berbeda untuk daur ulang. Serat alami seperti wol atau kapas dapat didaur ulang secara mekanis. Dalam proses ini kain diparut dan dipintal kembali menjadi benang yang diproses menjadi kain agar dapat ditenun atau dirajut.

Namun, serat menjadi lebih pendek melalui proses pencacahan, menghasilkan kualitas benang dan kain yang lebih rendah. Kapas daur ulang sering dicampur dengan kapas murni untuk memastikan kualitas benang yang lebih baik.

Sebagian besar kain juga diwarnai dengan bahan kimia, yang berdampak pada daur ulang. Jika kain asli merupakan campuran dari banyak warna, benang, atau kain baru kemungkinan besar perlu diputihkan untuk diwarnai dengan warna baru.

Pakaian yang rumit seperti jaket yang dengan mudah mengandung lebih dari lima bahan yang berbeda, termasuk kancing dan ritsleting. Jika tujuan daur ulang adalah untuk mendapatkan bahan yang sedekat mungkin dengan aslinya, semua komponen dan serat pakaian harus dipisahkan terlebih dahulu.

Ini membutuhkan tenaga dan bisa mahal. Seringkali lebih mudah untuk merobek pakaian dan mengubahnya menjadi produk berkualitas rendah, seperti shoody yang digunakan untuk insulasi.

Massive amounts of clothing scraps are stacked on top of each other, loosely sorted by colour.
Bahkan jika garmen dirancang untuk dapat didaur ulang, jika infrastruktur yang dibutuhkan tidak ada, kemungkinan besar masih akan berakhir di TPA.

Read more: To make our wardrobes sustainable, we must cut how many new clothes we buy by 75%


Kemajuan industri dan tantangannya

Perusahaan seperti BlockTexx dan Evrnu telah mengembangkan proses mendaur ulang serat dari kain campuran, meskipun serat daur ulang tersebut belum tersedia secara luas.

Dengan menggunakan teknologi, BlockTexx memisahkan selulosa ( yang ada dalam kapas dan linen) dan poliester dari limbah tekstil dan pakaian untuk penggunaan baru, termasuk dalam pakaian baru. Dan Evrnu telah mengembangkan sejenis lyocell yang seluruhnya terbuat dari limbah tekstil dan pakaian.

Perusahaan yang berbasis di Spanyol Recover dengan cermat memilah berbagai jenis limbah tekstil kapas untuk menghasilkan serat kapas berkualitas tinggi yang didaur ulang secara mekanis.

Ada juga daur ulang biologis. Limbah serat dari Rivcott cotton “gin” (atau mesin kapas) dikomposkan menjadi pupuk untuk tanaman kapas baru. Hal yang sama mungkin terjadi dengan serat alami dari pakaian usang, setelah pewarna dan bahan kimia yang berpotensi beracun telah dihilangkan.

Serat sintetis seperti poliester dan poliamida (nilon) juga dapat didaur ulang secara mekanis dan kimiawi. Daur ulang kimia melalui re-polimerisasi (di mana serat plastik dicairkan) merupakan pilihan yang menarik, karena kualitas serat asli dapat dipertahankan.

Secara teori dimungkinkan untuk menggunakan pakaian poliester sebagai bahannya. Namun dalam praktiknya sumbernya biasanya botol. Ini karena pakaian biasanya “tercemar” dengan bahan lain seperti kancing dan ritsleting, dan memisahkannya membutuhkan terlalu banyak tenaga.

Masalah plastik

Hampir semua poliester daur ulang dalam pakaian saat ini berasal dari botol plastik daur ulang, bukan pakaian poliester sebelumnya. Ini penting ketika kamu mempertimbangkan poliester menyumbang lebih dari 60% dari semua penggunaan serat.

Mengingat peningkatan pesat dalam produksi serat sintetis, dan dampak mikroplastik yang belum diketahui (yang didokumentasikan dalam plasenta manusia – pertanyaannya tetap apakah pakaian harus dibuat dari bahan yang tidak kompatibel secara biologis sama sekali.

Pakaian poliester, terlepas dari sumber seratnya, berkontribusi terhadap polusi mikroplastik dengan melepaskan serat saat dipakai dan dicuci.

Plastic bottles are ready to be used for recycling
Meskipun botol plastik dapat didaur ulang menjadi pakaian, pakaian tersebut sangat sulit untuk didaur ulang. Shutterstock

Sebuah generasi baru serat sintetis dari sumber terbarukan (dapat didaur ulang dan dapat terurai) menawarkan solusi. Misalnya, serat Kintra terbuat dari jagung.

Reduce dan reuse sebelum kamu recycle

Ada banyak bukti bahwa mengurangi konsumsi pakaian dengan memakai barang lebih lama dan membeli barang bekas lebih baik daripada membeli pakaian serat daur ulang.

Tetapi bahkan pakaian bekas bukan tanpa masalah ketika kamu mempertimbangkan skala dan kecepatan produksi pakaian saat ini.

Liz Ricketts dari OR Foundation yang berbasis di Amerika Serikat, sebuah badan amal yang berfokus pada mode berkelanjutan, menggambarkan gambaran yang mengerikan dari pasar Kantamanto di Ghana, di mana sebagian besar pakaian bekas dunia berakhir (termasuk dari Australia).

Satu jalan ke depan adalah bagi perusahaan untuk bertanggung jawab atas produk di akhir masa pakainya. Merek fesyen Amerika Eileen Fisher adalah pelopor dalam hal ini.

Perusahaan telah membeli kembali pakaian dari pelanggan sejak 2009. Pakaian tersebut dibersihkan dan disortir, dan sebagian besar dijual kembali dengan merek Eileen Fisher Renew.

Pakaian yang terlalu rusak untuk dijual kembali diberikan kepada tim desain khusus, yang mendesain ulang pakaian tersebut untuk dijual di bawah koleksi Eileen Fisher Resewn. Hasil bahan dari proses ini dikumpulkan dan diubah menjadi tekstil untuk digunakan lebih lanjut.


Read more: Time to make fast fashion a problem for its makers, not charities



Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,300 academics and researchers from 4,942 institutions.

Register now