Menu Close

Articles on Agama

Displaying 1 - 20 of 21 articles

Dunia fiksi pahlawan super bisa mengajarkan kita tentang apa yang memotivasi kita untuk percaya akan Tuhan. from www.shutterstock.com

Kaitan antara pahlawan super fiksi dan ketaatan, lalu mengapa kita percaya pada Tuhan

Pahlawan super bisa saja berubah dan terbang menembus dinding, tapi karakteristik supernatural mereka berbeda dari karakteristik makhluk-makhluk spiritual yang membuat orang-orang taat beragama.
Lewat sertifikasi halal, MUI memiliki posisi yang kuat dalam regulasi produk pangan, obat-obatan, dan kosmetik di Indonesia. Hotli Simanjuntak/EPA

Apa dampak politisasi fatwa MUI bagi Indonesia?

Walau tidak semuanya buruk, tapi politisasi fatwa bisa berakibat pada penyeragaman Islam di Indonesia dan ancaman terhadap pluralisme.
Dalia Yashar, satu dari para mahasiswa perempuan pertama yang menjalani pelatihan pilot komersial. Foto diambil pada 15 Juli 2018. Akan ada perempuan sebagai penumpang pertamanya. Reuters/Hamad I Mohammed

Perempuan Arab Saudi sedang berjuang untuk kebebasan - dan kesuksesan mereka terus bertambah

Kemenangan perempuan Arab Saudi terus berlanjut; mereka kini diperbolehkan punya paspor dan bepergian tanpa ijin wali lelaki. Perjuangan mereka menuntut haknya tidak akan selesai sampai disini.
Penelitian saya menunjukkan bahwa pemimpin politis dari negara-negara baru merdeka lebih memilih untuk tetap menganut sistem peradilan kolonial daripada menggunakan hukum agama. www.shutterstock.com

Penjajahan yang sebabkan ekstremisme Islam, bukan aturan syariat

Tidak ada ketegangan melekat antara syariat, hak asasi dan peraturan hukum. Seperti peggunaan agama dalam politik, penerapan syariat bergantung pada siapa yang menggunakannya dan mengapa.
Richard Dawkins, penulis, ahli biologi evolusi, dan emeritus fellow New College, Universitas Oxford, adalah salah satu ateis paling terkemuka di dunia. Fronteiras do Pensamento/wikipedia

Mengapa ateis tidak serasional seperti yang diduga banyak orang

Yang penting, bukti ilmiah tidak cenderung mendukung pandangan bahwa ateisme adalah tentang pemikiran rasional dan teisme adalah tentang pemenuhan eksistensial.
Apakah orang-orang ini menderita gangguan - atau hanya bersenang-senang? AP Photo/Kamil Zihnioglu

Apakah rekreasi dan apakah kecanduan permainan digital di abad ke-21

Hanya karena seseorang menikmati aktivitas rekreasional bukan berarti mereka kecanduan terhadap hal tersebut, meskipun mereka menghabiskan waktu yang banyak untuk melakukannya.
Apakah moralitas anda berasal dari agama yang Anda anut? Nyatanya tidak juga. shutterstock.com

Agama tidak menentukan moralitas Anda

Banyak orang percaya bahwa moralitas berasal dari agama. Tapi penelitian menunjukkan, opini orang terhadap ajaran Tuhan berdasar pada apa yang mereka yakini benar dan salah, bukan sebaliknya.
Agama mengajarkan kebaikan, tapi pengikutnya lebih banyak yang tidak mengamalkan. Shutterstock

Apakah orang yang religius lebih bermoral?

Orang di seluruh dunia berprasangka buruk pada ateis, menuduh mereka jahat. Tapi sebenarnya penelitian menemukan orang beragama kerap merasa dirinya baik, padahal tidak selalu demikian.

Top contributors

More