Menu Close

Articles on Banjir

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Warga berjalan melintasi banjir di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, pada Jumat, 17 Maret 2023. Berdasarkan data BPBD Kabupaten Hulu Sungai Tengah, sebanyak 4.188 jiwa dan 1.340 rumah di lima Kecamatan terdampak banjir. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S

Bolak-balik diterjang banjir, pemerintah bisa lindungi masyarakat rentan lewat bantuan responsif bencana - tapi perbaikan diperlukan

Banjir bolak-balik menenggelamkan rumah warga di Indonesia. Perlindungan Sosial Adapatif (PSA) bisa membantu warga rentan, namun masih ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki pemerintah.
Sebagian kerusakan akibat Siklon Tropis Seroja di Dili, Timor Leste, pada April 2021. Kandhi Barnez/AP

Mengapa melibatkan penyandang disabilitas dalam persiapan bencana memiliki dampak lebih baik

Mengesampingkan penyandang disabilitas dalam persiapan dan menanggapi bencana membuat mereka semakin rentan. Ada bentuk kemitraan baru yang memungkinkan mereka memainkan peran lebih penting dan aktif.
Sebuah desa di pinggiran ibu kota Sulawesi Selatan, Makassar, terkena banjir pada tahun 2019. RISE program, foto oleh Noor Ilhamsyah.

Bagaimana ilmuwan dan masyarakat dapat bekerja sama untuk menangani banjir: pelajaran dari Indonesia

Penduduk daerah rawan banjir telah mengandalkan kearifan lokal dan dukungan masyarakat untuk menangani banjir selama berabad-abad. Bisakah para ilmuwan bekerja dengan mereka untuk lebih memahami banjir?
Foto dari udara dampak siklon menggambarkan kerusakan akibat banjir bandang di Adonara Timur, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), 6 April 2021. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Siklon tropis Seroja mungkin akan hantam Indonesia tiap tahun, tapi belum dimasukkan kluster bencana

Sejatinya dalam lima puluh tahun ini tiap tahun di Selatan Indonesia berpotensi menjadi lintasan siklon tropis. Bencana banjir bandang di NTT baru satu kasus.

Top contributors

More