Menu Close

Articles on Jokowi

Displaying 1 - 20 of 140 articles

Aksi tolak politik dinasti di Makassar, Sulawesi Selatan. Hasrul Said/Antara Foto

Jokowisme, Trumpisme, dan dinasti politik: bagaimana fenomena pendangkalan demokrasi kian mendunia

Praktik demokrasi di dunia tengah menghadapi tantangan yang meningkat dengan adanya dinasti politik dan demagogi. KIta patut mempertanyakan kembali definisi demokrasi itu sendiri.
Seorang petugas membersihkan tempat tidur di ruang isolasi bagi pasien COVID-19 di Surabaya, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Moch Asim/aww.

Tiga alasan mengapa data COVID-19 di Indonesia tak dapat dipercaya dan bagaimana mengatasinya

Penelitian terakhir kami menemukan bahwa kerumitan sistem data COVID-19 di Indonesia telah menjadi masalah.
Rapat Paripurna DPR mendengarkan laporan Badan Legislasi DPR mengenai Penetapan Prolegnas RUU Prioritas tahun 2021. Muhammad Adimaja/Antara Foto

Tiga masalah dalam revisi undang-undang terkait UU Cipta Kerja

Tampak bahwa DPR dan pemerintah tidak memiliki adanya proses perencanaan pembentukan UU yang baik.
Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Saat ini ia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

“Bunuh diri penelitian Indonesia”: forum guru besar tolak Dewan Pengarah BRIN yang rawan dipolitisasi

Kami berbicara dengan dua profesor untuk menjelaskan kekhawatiran mereka terhadap keberadaan dewan pengarah tersebut di salah satu institusi riset terbesar di Indonesia.
Ketua Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman (tengah) didampingi Majelis Hakim MK Wahiduddin Adams (kiri) dan Enny Nurbaningsih (kanan) memimpin sidang uji formil Undang-Undang KPK di Gedung MK, Jakarta. Rivan Awal Lingga/Antara Foto

KPK korban matinya kontrol lembaga peradilan terhadap kesewenangan pembentuk peraturan

Penolakan MK atas permohonan uji UU KPK dilakukan lewat pengujian yang tidak mendalam dan mencerminkan lumpuhnya pengawasan dan kontrol antara cabang-cabang kekuasaan.

Top contributors

More