Menu Close

Articles on Luminate

Displaying 1 - 20 of 32 articles

Pada 2017, biro kredit Equifax mengumumkan bahwa informasi pribadi 143 juta orang Amerika Serikat – sekitar tiga perempat dari semua orang dewasa – bocor dalam suatu insiden pembobolan data. AP Photo/Mike Stewart

Ransomware, pembobolan data, serangan siber: apa kaitannya dengan informasi pribadimu, dan seberapa besar risikonya?

Bayangkan organisasi yang menyipan data Anda diretas. Bagaimana cara menilai risiko ancamannya, dan apa yang harus dilakukan untuk melindungi diri Anda sendiri?
Perusahaan Mark Zuckerberg mengatakan semua baik-baik saja, tetapi data yang disajikan hanya tentang bagaimana rata-rata pengguna media sosial. AP Photo/Eric Risberg

Ribuan orang rentan yang dirugikan oleh Facebook dan Instagram tidak tampak dalam data Meta

Penelitian dari Meta dan beberapa ilmuwan tidak menunjukkan bahaya media sosial, tetapi penelitian lain dan kesaksian pelapor menunjukkan sebaliknya. Walau tampak kontradiktif, keduanya bisa benar.
Guru mendampingi siswa saat pembelajaran menggunakan layanan internet gratis Kementerian Komunikasi dan Informatika di SDN 51 Simpang Kubu Kandang, Pemayung, Batanghari, Jambi, 30 Oktober 2021. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/aww.

Puluhan triliun untuk infrastruktur internet: benarkah bisa atasi kesenjangan digital di Indonesia

Pemerintah perlu memetakan ulang strategi terkait akses fisik internet, terutama sejauh mana Proyek Palapa Ring tidak bertumpang tindih dengan proyek 4G.
Tangki penyimpanan Colonial Pipeline. Pada 7 Mei 2021, perusahaan jaringan pipa bahan bakar ini mengalami serangan siber ransomware. (AP Photo/Seth Wenig)

Meningkatnya serangan siber ransomware selama pandemi COVID-19 dapat membawa kita pada era baru internet

Jumlah data dan transaksi online membludak. Hal itu dapat meningkatkan kemungkinan serangan siber, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengatur bagan di internet.
Aktivis Jaringan Solidaritas Korban untuk Keadilan (JSKK) menggelar aksi Kamisan di depan Istana Merdeka, Jakarta, tahun lalu. JSKK meminta Presiden Joko “Jokowi” Widodo segera menuntaskan kasus pelanggaran HAM di masa lalu . Galih Pradipta/Antara Foto

Agar terekam dan tak pernah mati: membawa ingatan ‘65 ke ruang virtual

Upaya menawarkan narasi alternatif dari Peristiwa 1965 terus berlangsung di dunia digital.

Top contributors

More