Menu Close

Articles on Perkebunan sawit

Displaying all articles

Seorang pekerja Malaysia memanen buah sawit dari sebuah perkebunan di semenanjung Malaysia, Rabu, 6 Maret 2019. Meskipun masalah ketenagakerjaan sebagian besar telah diabaikan, dampak buruk minyak sawit terhadap lingkungan telah dikecam selama bertahun-tahun. (AP Photo/Gemunu Amarasinghe)

Mitos efisiensi perkebunan sawit: Merugikan Indonesia dan memperparah ketimpangan

Minyak kelapa sawit digunakan di separuh produk yang dijual di supermarket global. Mayoritasnya berasal dari Indonesia dan ditanam di perkebunan yang tidak efisien, tapi menempati lahan sangat luas.
Asap tebal akibat karhutla menyelimuti 6 provinsi prioritas restorasi gambut BRG dan KLHK. Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia telah lalai mengatasi karhutla tahun ini dalam konpers sehabis ratas, Senin lalu. EPA/Stringer

Mengapa kebakaran hutan dan lahan masih terjadi meski sudah restorasi

Pemerintahan Jokowi merestorasi lahan gambut sejak 2016. Namun, kebakaran hutan dan lahan gambut tetap terjadi di area yang sudah direstorasi. Apa penyebabnya?
Di 2014, Indonesia meratifikasi kesepakatan ASEAN untuk mengatasi asap lintas batas di wilayah Asia Tenggara. Namun hingga sekarang, Indonesia belum mengeluarkan aturan perundang-undangan di tingkat nasional dan daerah. Reuters/Antara News Agency

Indonesia lamban menerapkan kesepakatan ASEAN tentang asap

Butuh 11 tahun untuk Indonesia meratifikasi perjanjian ini. Dan dua tahun berselang sejak ratifikasi, Indonesia belum juga mengeluarkan peraturan perundang-undangan di tingkat nasional dan daerah.

Top contributors

More