Menu Close

Articles on Pertumbuhan ekonomi

Displaying all articles

Presiden Joko Widodo menyapa warga saat mengunjungi Pasar Pagi Batuphat Timur, Lhokseumawe, Aceh, bulan lalu. Ia baru-baru ini mewanti-wanti masyarakat untuk menggunakan membelanjakan tabungannya demi mendorong pertumbuhan ekonomi. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.

Jokowi resah tabungan mengendap Rp 690 triliun di bank, betulkah masyarakat yang harus belanja?

Endapan tabungan Rp 690 triliun di bank membuat Jokowi resah dan mendorong masyarakat berbelanja demi menggerakkan ekonomi. Tepatkan himbauan ini ditujukan ke masyarakat? Siapa pemilik dana ini?
PENUTUPAN KTT G20 INDONESIA. Presiden Joko WIdodo (kiri) berbincang dengan Managing Director International Monetary Fund (IMF) Kristalina Georgieva (kanan) usai menutup KTT G20 Indonesia 2022 di Nusa Dua, Bali, Rabu (16/11/2022) ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Zabur Karuru/nym

Presidensi G20 usai, namun pengaruh Indonesia akan tetap kuat. Ini alasannya

Dengan pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan, Indonesia akan tetap memainkan pengaruh yang kuat dalam G20. Namun, Indonesia mesti tetap perumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan transisi energi.
Sejumlah warga menunggu kedatangan Bus Transjakarta di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/10/2020). International Monetary Fund (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 menjadi minus 1,5% pada Oktober, lebih rendah dari proyeksi sebelumnya pada Juni sebesar minus 0,3%. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc. Antara Foto

Peneliti: target pertumbuhan ekonomi 5% tahun depan sulit tercapai

Jika pandemi COVID-19 tidak terkendali dan penyaluran bantuan lambat maka sulit untuk mencapai target pertumbuhan 5% di tahun depan.
Potret seorang anak di suatu desa yang miskin dan terisolasi di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. (Shtterstock/Reezky Pradata)

Riset: tanpa intervensi, COVID-19 akan membuat setidaknya 3,6 juta orang Indonesia jatuh miskin

BAPPENAS melakukan simulasi untuk memproyeksikan dampak COVID19 terhadap kemiskinan di Indonesia. Tanpa intervensi, pandemi ini akan membuat setidaknya 3.6 juta penduduk jatuh miskin.
Sekumpulan anak bermain di sisi Sungai Ciliwung yang penuh pencemaran. (Dewi Putra/Shutterstock)

Bagaimana belajar dari masa lalu bisa mencegah angka kemiskinan naik selama pandemi COVID-19

COVID19 dapat membalikkan tren positif puluhan tahun penuntasan kemiskinan di Indonesia. Terdapat beberapa pelajaran dari kebijakan terdahulu untuk meredam kenaikan angka kemiskinan selama pandemi.
Komunitas Tsaatan di Mongolia bagian utara yang beternak rusa. (Shutterstock)

Perjuangan krisis iklim dan yang bisa kita lakukan

Siapa yang menang, siapa yang kalah, dan alam siapa yang kita bicarakan saat berbicara soal solusi berbasis alam?

Top contributors

More