Menu Close

Articles on Terorisme

Displaying 1 - 20 of 42 articles

Osama bin Laden (kiri) dan Ayman Al-Zawahiri. Visual News/Getty Images

Siapa Ayman Al-Zawahiri? Siapa penggantinya? Dan apa arti kematiannya bagi Al-Qaeda dan agenda antiterorisme AS?

Bagi kalian yang bertanya-tanya apakah AS masih berkeinginan untuk mengejar teroris-teroris besar di Afghanistan, pembunuhan Al-Zawahiri agaknya sudah menjawab.
Personel polisi membawa terduga teroris menuju mobil tahanan setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Maret 2021. Fauzan/Antara Foto

Memahami sisi gerakan politik Jemaah Islamiyah

Penyusupan JI ke dalam lembaga atau organisasi resmi sudah dapat dibaca melalui arah organisasi JI sejak 2010 hingga 2018 di bawah kepemimpinan Para Wijayanto.]
Putri Munawaroh, istri terduga teroris Hadi Susilo, saat menunggu sidang dengan agenda pembacaan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, pada 2010. Puspa Perwitasari/Antara Foto

Budaya patriarki dan doktrin keagamaan berperan penting dorong perempuan terlibat aksi terorisme

Tindakan perempuan dalam aksi terorisme masih lebih berat terkait pada posisi mereka dengan segenap situasi yang melingkupi dirinya sebagai penganut agama dan perempuan yang taat.
Siswa SD Islam Ar-Rahman mengunjungi gereja di SD Kristen Petra Jombang, Jawa Timur (5/11/2019). (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Tiga cara sistem pendidikan Indonesia bisa berperan mencegah radikalisme dan ideologi kekerasan

Melalui tulisan ini, kami merekomendasikan tiga cara agar sistem pendidikan Indonesia dapat mendukung pencegahan tumbuhnya ideologi kekerasan dan ekstremisme.
Mahasiswa melakukan aksi mengecam tindakan terorisme di Denpasar, Bali. Nyoman Hendra Wibowo/Antara Foto

Bagaimana perempuan, anak muda terlibat dalam aksi terorisme

Di satu sisi perempuan mendapat legitimasi dari kelompok teroris untuk melakukan aksi; di sisi lain, remaja adalah usia rentan paparan radikalisasi.
Pasukan TNI berpatroli di sekitar perkampungan warga setelah penyerangan yang diduga dilakukan kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora, di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Rahman/Antara Foto

Tanya-jawab: Mengapa kelompok teroris di Sulawesi Tengah bisa bertahan begitu lama?

Pelatihan terus-menerus, penguasaan medan, dan dukungan masyarakat lokal menyebabkan kelompok militan bisa bertahan begitu lama di Sulawesi Tengah.
COVID-19 tidak memilih korbannya; siapapun dengan berbagai tingkat kerentanan apapun dapat terinfeksi. www.shutterstock.com

Bagaimana pandemi COVID-19 mengubah sistem keamanan global

Setelah serangan 9/11, tindakan keamanan global fokus pada aksi terorisme. Tapi dengan adanya COVID-19, aksi serupa dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit.
Perempuan dan anak-anak terancam terlantar di kamp pengungsi di Suriah. Ahmed Mardnli/EPA

Analisis: pemerintah perlu memulangkan keluarga eks ISIS

Di luar pertimbangan kemanusian, ada risiko lain yang dihadapi bila keluarga bekas anggota ISIS – khususnya anak-anak – tidak dipulangkan.

Top contributors

More