Menu Close

Articles on virus

Displaying 1 - 20 of 95 articles

Gambaran hasil analisis mikroskop dari partikel virus Nipah (merah) dan sel Vero yang terinfeksi (biru). Gambar dari Fasilitas Penelitian Terpadu NIAID di Fort Detrick, Maryland, AS. NIAID

Wabah virus Nipah di India: sejauh mana terobosan riset vaksin dan obat untuk melawannya?

Virus ini memiliki nilai persentase tingkat kematian sekitar 75%. Artinya, jika terinfeksi, maka kemungkinannya dapat menyebabkan kematian sejumlah tiga dari empat kasus.
Wabah virus Nipah di Kerala (2021) Associated Press/Alamy Stock Photo

Virus Nipah mewabah di India: apa yang perlu kamu tahu

Sebagian besar infeksi diperkirakan berasal dari kontak dengan hewan yang terinfeksi, baik kelelawar buah itu sendiri atau dari hewan perantara seperti babi.
Gejala dapat terjadi segera setelah 30 menit terpapar organisme atau toksin ini. Anton Brand/Shutterstock

Apa itu gastroenteritis dan mengapa saya tidak bisa sembuh?

1,45 juta orang meninggal akibat gastroenteritis menular setiap tahunnya. Virus seperti rotavirus, norovirus, adenovirus, dan astrovirus adalah penyebab umum gastroenteritis menular.
Burung liar seperti pelikan dan bebek terinfeksi – dan mati karena – strain baru flu burung dan telah menyebarkannya ke hewan ternak di seluruh dunia. Klebher Vasquez/Anadolu Agency melalui Getty Images

Apa itu limpahan virus? Wabah flu burung tekankan perlunya deteksi dini untuk cegah pandemi besar berikutnya

Ahli epidemiologi memproyeksikan bahwa risiko limpahan virus dari satwa liar ke manusia akan meningkat pada tahun-tahun mendatang.
XBB.1.5 menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan kemungkinan akan menjadi subvarian COVID-19 dominan berikutnya. (Shutterstock)

FAQ terkait COVID-19 subvarian XBB.1.5: Apa itu? Di mana banyak ditemukan? Apa bedanya dengan Omicron? Apakah sebabkan sakit serius? Bagaimana lindungi diri? Kenapa dinamai ‘Kraken’?

XBB.1.5 dianggap sama-sama mampu menyebabkan penyakit serius pada lansia dan orang dengan gangguan kekebalan dibandingkan dengan subvarian Omicron yang menjadi perhatian sebelumnya.
Petugas tenaga kesehatan melakukan screening dengan tes cepat HIV/AIDS kepada warga di Gasibu, Bandung, 20 November 2022. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/nz

Kenapa pelibatan laki-laki dalam mencegah penularan HIV dari ibu ke anak begitu penting?

Dengan peningkatan kasus HIV di kalangan ibu rumah tangga Indonesia, penularan HIV dari ibu ke anak semakin nyata. Upaya pencegahan seringnya hanya menargetkan ibu tanpa melibatkan pasangannya.
Petugas kesehatan berjalan di antara pasien positif COVID-19 yang baru tiba di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, 5 Mei 2021. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj

COVID-19 berpotensi turunkan fungsi pendengaran pasien

Lokasi pemeriksaan pendengaran yang didedikasikan untuk pasien COVID-19 dapat menjadi salah satu alternatif.
Kerabat korban COVID-19 berjalan melewati sebuah mobil di krematorium Nigambodh Ghat di New Delhi. SOPA Images Limited / Alamy Stock Photo

Lonjakan COVID-19 di India: sebuah krisis kemanusian sedang berlangsung

Pemadaman kebakaran kesehatan masyarakat selama pandemi hampir tidak mungkin dilakukan ketika alat utama untuk memadamkan api (vaksin) tidak tersedia selama 12 bulan pertama.
Pelacakan orang-orang yang baru tiba dari luar negeri harus ditingkatkan untuk mendeteksi varian baru virus corona. Calon penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan, 2 Maret 2021. ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj.

5 hal penting terkait pengaruh virus corona varian baru dari Inggris masuk Indonesia

Pemerintah harus meningkatkan pendeteksian pada pada warga negara asing dan warga negara Indonesia yang baru tiba dari perjalanan luar negeri dan terkonfirmasi positif COVID-19.
Seekor cerpelai di Utah adalah hewan liar pertama di AS dengan terinfeksi COVID-19. Peter Trimming via Wikipedia

Apakah COVID-19 menginfeksi hewan liar? Ini temuan ahli

COVID-19 telah ditemukan pada hewan peliharaan, di kebun binatang dan cerpelai liar di Utah. Mengawasi COVID-19 pada binatang liar penting bagi hewan dan manusia, keduanya berisiko tertular virus.

Top contributors

More