Menu Close

Articles on BPJS Kesehatan

Displaying all articles

Petugas rumah sakit merawat bayi yang baru dilahirkan secara sesar pada Hari Kemerdekaan RI di Rumah Sakit Cut Nyak Dhien (RSUD CND) Aceh Barat, Aceh, 17 Agustus 2020. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.

Mengapa persalinan sesar naik drastis sejak ada JKN dan apa dampaknya bagi ibu?

Sebuah riset di Belanda berkesimpulan persalinan sesar tidak selamanya memberikan dampak positif kepada ibu karena dapat meningkatkan risiko kematian ibu 3 kali lebih besar dibandingkan lahir normal.
Untuk mendukung BPJS-Kesehatan, pemerintah memutuskan untuk menaikkan iuran BPJS sejak 1 Juli 2020. www.shutterstock.com

Kenaikan iuran BPJS bukan solusi terhadap masalah kesehatan di Indonesia: 4 hal yang perlu dilakukan

Pada 1 Juli 2020, pemerintah Indonesia telah merencanakan kenaikan asuransi kesehatan nasional, JKN. Namun, langkah ini hanya akan mengatasi masalah jangka pendek.
Potret seorang anak di suatu desa yang miskin dan terisolasi di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. (Shtterstock/Reezky Pradata)

Riset: tanpa intervensi, COVID-19 akan membuat setidaknya 3,6 juta orang Indonesia jatuh miskin

BAPPENAS melakukan simulasi untuk memproyeksikan dampak COVID19 terhadap kemiskinan di Indonesia. Tanpa intervensi, pandemi ini akan membuat setidaknya 3.6 juta penduduk jatuh miskin.
Sekumpulan anak bermain di sisi Sungai Ciliwung yang penuh pencemaran. (Dewi Putra/Shutterstock)

Bagaimana belajar dari masa lalu bisa mencegah angka kemiskinan naik selama pandemi COVID-19

COVID19 dapat membalikkan tren positif puluhan tahun penuntasan kemiskinan di Indonesia. Terdapat beberapa pelajaran dari kebijakan terdahulu untuk meredam kenaikan angka kemiskinan selama pandemi.
Kalau saja “Ibu”, tokoh seram ‘Pengabdi Setan’, mendapatkan BPJS Kesehatan, mungkin nasibnya akan lebih baik. Rapi Films

‘Pengabdi Setan’ dan kisah hantu perempuan: simbol adanya kekerasan terhadap perempuan

Film 'Pengabdi Setan' sedang menjadi pembicaraan hangat. Penonton kabarnya sangat ketakutan. Hantu perempuan seperti Ibu dan yang lainnya memberi kita satu pelajaran: perempuan masih jadi korban.

Top contributors

More