Menu Close

Articles on Hubungan bilateral

Displaying all articles

Para pemimpin BRICS mengumumkan hasil-hasil KTT BRICS ke-15, di Sandton Convention Centre, Johannesburg, 24 Agustus 2023. Official media of 15th BRICS Summit

Indonesia tunda gabung BRICS: keputusan tepat, tapi aliansi ini tetap penting bagi ASEAN

Tidak bergabung BRICS adalah keputusan yang paling tepat, bijak dan masuk akal bagi Indonesia. Indonesia tidak boleh mempertaruhkan hubungan diplomasi baiknya dengan pihak manapun.
Presiden Joko “Jokowi” Widodo (kiri) berjalan bersama Perdana Menteri Cina Li Keqiang usai menanam pohon di halaman belakang Istana Bogor, Jawa Barat, pada 2018. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww/18.

Indonesia makin bergantung pada Cina dan itu berbahaya: apa yang bisa dilakukan

Upaya membatasi ketergantungan terhadap Cina penting juga untuk menjaga posisi tawar Indonesia dalam mengamankan wilayah di sekitar perairan Laut Natuna yang selalu diklaim sebagai milik Cina.
Pengendara motor yang melintasi jalan di Bekasi, Jawa Barat diberhentikan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan mereka tidak terinfeksi COVID-19. Kuncoro Widyo Rumpoko/Pacific Press/Sipa USA

Mengapa mengizinkan 500 pekerja Cina di tengah pandemi adalah langkah yang kurang tepat

Kebijakan tersebut sebenarnya menunjukkan prioritas pemerintah sendiri terhadap sektor perekonomian dibanding kesehatan rakyatnya selama pandemi ini.

Top contributors

More