Articles on Kemiskinan

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Potret seorang anak di suatu desa yang miskin dan terisolasi di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. (Shtterstock/Reezky Pradata)

Riset: tanpa intervensi, COVID-19 akan membuat setidaknya 3,6 juta orang Indonesia jatuh miskin

BAPPENAS melakukan simulasi untuk memproyeksikan dampak COVID19 terhadap kemiskinan di Indonesia. Tanpa intervensi, pandemi ini akan membuat setidaknya 3.6 juta penduduk jatuh miskin.
Hutan Desa bisa menurunkan kemiskinan dan deforestasi jika dilakukan dengan baik. Fehmiu Roffytavare/shutterstock

Riset: Perhutanan Sosial di Indonesia mampu lindungi lingkungan dan turunkan tingkat kemiskinan

Penelitian membuktikan skema perhutanan sosial, yaitu Hutan Desa, bisa menurunkan tingkat kemiskinan, namun juga untuk menekan laju deforestasi.
Berapa banyak yang ia bisa nikmati? Rachele Caretti/flickr

Dapatkah pariwisata mengurangi kemiskinan global?

Pariwisata dunia adalah bisnis yang sedang booming, dengan wisatawan mengeluarkan US$1.4 trilyun tiap tahun. Siapakah yang mendapatkan keuntungan dari aliran uang ini?
Pemerintah Indonesia sudah memasukkan program perubahan iklim ke dalam Dana Desa. Harapannya, bisa menurunkan emisi dan angka kemiskinan. j.wootthisak/shutterstock

Dana Desa bisa digunakan untuk proyek perubahan iklim. Ini caranya

Pemerintah Indonesia telah mendistribusikan dana bagi pengembangan desa. Tahun 2019, uang tersebut bisa digunakan untuk program adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.
BPS merilis data yang menunjukkan angka kemiskinan Indonesia terendah sejak masa krisis 1998. Namun jika kita melihat kemiskinan dalam lensa yang lebih luas, ada kelompok masyarakat Indonesia yang luput dari kebijakan pengentasan kemiskinan. Mast Irham/EPA

Mereka yang luput dari kebijakan pengentasan kemiskinan di Indonesia

Agar kebijakan pengentasan kemiskinan berjalan efektif, maka konsep kemiskinan harus dimaknai secara mendalam disamping mulai menerapkan paradigma kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.
Cerita sukses startup seharusnya tidak menutupi bahwa ekonomi dan populasi Indonesia bergantung pada pelbagai bisnis kecil dan mikro dengan teknologi rendah dan tingkat pertumbuhan rendah. Mast Irham/EPA

‘Making Indonesia 4.0’ dan mendukung startup penting, tapi mana dukungan untuk jutaan pengusaha mikro?

Ekonomi Indonesia dibangun sebagian besar oleh pengusaha mikro, yang kebanyakan rakyat miskin. Namun birokrasi yang rumit dan korupsi menahan mereka masuk ke dalam sektor 'formal'.
Seorang perempuan penganyam alat panggang bekerja di rumah sambil melakukan tugas rumah tangganya, menjaga anak. Dari mampu.or.id

Kepingan pengalaman hidup pekerja perempuan rumahan

Pekerja rumahan menerima banyak beban risiko kerja disebabkan keterasingan mereka dari data statistik, pengakuan, dan regulasi pemerintah.
Sistem ekonomi dunia memungkinkan kelompok elit kaya raya mengumpulkan banyak uang sementara ratusan juta orang berjuang untuk bertahan hidup dengan upah rendah. EPA/Mast Irham

Ketimpangan di dunia bukan tak terelakkan: Oxfam

Yang kaya harus membayar pajak lebih banyak, dan yang miskin perlu dibayar lebih tinggi, kata Ketua Kebijakan Ketimpangan Oxfam Internasional Max Lawson.

Top contributors

More