Menu Close

Articles on Konservasi

Displaying 1 - 20 of 34 articles

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nubaya (tengah) bersama Rektor Universitas Syiah Kuala (USK) Marwan (kanan) dan Ketua Senat USK Abubakar seusai menyampaikan orasi ilmiah di gedung AAc Dayan Dawood, Banda Aceh, Aceh. Irwansyah Putra/Antara

Dari pencekalan hingga deportasi ilmuwan: mengapa represi antisains Menteri Siti Nurbaya terus menguat

Para ilmuwan tidak lagi bebas menyuarakan pendapatnya seputar topik-topik tertentu yang bermuatan kritik terhadap pemerintah.
Harimau Sumatera (Phantera Tigris Sumatrae) bernama Sean bersama dua dari tiga anaknya yang berumur sekitar dua bulan saat mulai dilatih naluri berburunya di Bali Zoo, Gianyar, Bali. (Nyoman Budhiana/Antara)

Penelitian genomik jadi salah satu bekal terbaik pelestarian satwa Indonesia

Semakin banyak genom makhluk hidup yang kita ketahui, semakin banyak kita memperoleh informasi tentang bagaimana kehidupan bekerja serta mengantisipasi risiko yang .
Sekumpulan anak muda berpartisipasi dalam Jakarta Climate Strike pada tahun 2019. (The Conversation Indonesia/Luthfi T. Dzulfikar)

Khalifah di bumi: bagaimana anak muda Muslim di Indonesia memperjuangkan isu lingkungan berlandaskan nilai agama

Banyak aktivis muda Muslim di Indonesia berpegang teguh pada nilai agama untuk mengemban tugas sakral untuk menjaga lingkungan. Kini “green Islam” menjadi agenda penting kaum muda dunia.
Tim – salah satu dari segelintir gajah bergading besar yang tersisa di alam – meninggal tahun lalu pada usia 50, di Taman Nasional Amboseli, Kenya.

Curious Kids: kenapa gajah memiliki gading?

Gajah menggunakan gading mereka untuk menggali lubang, menakuti rival gajah lain, dan mengistirahatkan belalai mereka. Apa jadinya jika mereka terus-terusan dibunuh dan diburu untuk gading mereka?
Mangrove, seperti yang ada di Madgaskar, menyediakan banyak manfaat, seperti perlindungan dari badai dan pencegahan erosi pesisir. (Louise Jasper/Blue Ventures)

Ahli ciptakan alat pemetaan mangrove baru dan menempatkan konservasi dalam jangkauan masyarakat pesisir

Meskipun bernilai tinggi, laju penebangan mangrove cukup tinggi. Sebuah alat baru bertujuan untuk membantu komunitas menahan deforestasi mangrove dan memanfaatkan program dan pendanaan konservasi.
Belang pada harimau membuat mereka bisa menyatu dengan pohon dan rerumputan di habitat mereka, di Asia. Frédéric Soltan/Corbis via Getty Images

Mengapa harimau memiliki belang? Ini kata ahli

Bagaimana harimau – predator puncak – berhasil berburu mangsa mereka meski memiliki bulu berwarna oranye terang? Rahasianya berada pada belang mereka!

Top contributors

More