Menu Close

Articles on Nahdlatul Ulama

Displaying all articles

Pengamatan rukyatul hilal mengunakan teropong di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Kota Medan, Sumatera Utara. Yudi/Antara Foto

Mengapa ada perbedaan dalam penentuan awal puasa dan Lebaran?

Dalam metode rukyat, awal dan akhir bulan ditentukan pada penglihatan yang jelas terhadap bulan baru. Dalam metode hisab, awal dan akhir bulan ditentukan pada penghitungan hari kalender Hijriah.
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama memberikan keterangan pers tentang agenda KTT Keagamaan G20 (Religion-20/R20). NU Online

KTT Keagamaan G20 pertama akan dihadiri organisasi militan India Rashtriya Swayamsevak Sangh: langkah berani NU untuk wujudkan perdamaian global

Mengundang Rashtriya – yang terkenal atas perannya dalam konflik kekerasan antara umat Hindu dan Muslim di India – justru dapat membantu memulai gerakan global kerukunan antaragama.
Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Cina menggunakan beasiswa kuliah untuk membentuk pandangan politik para santri dan pelajar Muslim Indonesia terkait isu seperti diskriminasi terhadap minoritas Uyghur di Xinjiang, Cina. (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Bagaimana Cina menggunakan beasiswa kuliah untuk menyetir pandangan politik para santri Indonesia

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Cina menggunakan beasiswa kuliah untuk membentuk pandangan politik para santri Indonesia terkait isu seperti diskriminasi terhadap minoritas Uyghur.
Indonesia mengelola jaringan madrasah (sekolah berbasis agama Islam) yang terbesar di dunia. Sekolah-sekolah ini telah berperan besar dalam memberikan akses pendidikan bagi anak perempuan, dan bisa jadi model yang baik bagi pemerintah Taliban. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Taliban bisa belajar dari sistem madrasah di Indonesia untuk memperluas akses sekolah bagi perempuan di Afganistan

Indonesia bisa jadi model yang baik bagi pemerintah Taliban terkait bagaimana suatu negara mayoritas Muslim maupun organisasi keagamaan dapat memperluas akses pendidikan bagi anak perempuan.

Top contributors

More