Menu Close

Articles on Peneliti

Displaying all articles

Lebih dari 100 peneliti dunia hadir untuk mempromosikan penelitian karbon rendah kepada pembuat kebijakan dalam Pertemuan Tahunan Jejaring Kerja Riset Rendah Karbon Asia di Bogor, Jawa Barat. (ANTARAFOTO/Jafkhairi)

Bagaimana ilmuwan bisa bantu rumuskan kebijakan berbasis bukti yang diterima secara politik

Pengadopsian riset dan bukti ilmiah oleh pembuat kebijakan sering terhambat tiga hal: durasi jabatan politik yang pendek, realita ekonomi dan politik, serta komunikasi riset yang kurang membumi.
Dengan data genom publik, sebuah tim di Berlin menyempurnakan mekanisme diagnosis untuk mendeteksi 2019-nCoV lebih dari seminggu sebelum kasus pertama coronavirus di Jerman. Shutterstock

Sains terbuka mendorong riset global untuk hadapi coronavirus: mengapa peran Indonesia minim?

Penelitian garda depan untuk coronavirus Wuhan didominasi oleh institusi riset di Cina, Amerika Serikat, Jepang, dan berbagai laboratorium di Eropa - nampaknya tidak ada yang berasal dari Indonesia.
Kementerian Keuangan menganggarkan tambahan modal investasi 5 Triliun untuk Dana Abadi Penelitian di 2020. Bagaimana skema pengelolaannya yang ideal? Shutterstock

Bagaimana skema pengelolaan Dana Abadi Penelitian yang ideal? Komunitas peneliti berpendapat

Kementerian Keuangan menganggarkan tambahan modal investasi 5 Triliun untuk Dana Abadi Penelitian di 2020. Komunitas peneliti memberikan rekomendasi bagaimana dana ini seharusnya dikelola.
Pemenang Nobel Fisika Donna Strickland menerima penghargaan Nobel dari Raja Swedia Carl Gustaf saat upacara Hadiah Nobel di Stockholm, 10 Desember 2018. (Pontus Lundahl/Pool Photo via AP)

Refleksi dari peraih Nobel Fisika: peneliti butuh waktu untuk menghasilkan penemuan

Pemenang Nobel Fisika 2018 mengatakan bahwa peneliti tidak seharusnya dipaksa untuk melakukan penelitian yang berdampak terhadap industri dan ekonomi. Penelitian demi kepentingan sains lebih penting.
Insularitas akademis berarti dosen-dosen ilmu sosial cenderung tertutup, hanya melakukan riset di disiplinnya saja, dan tidak mahir mengkomunikasikan risetnya ke publik. Shutterstock

Insularitas akademis membuat Indonesia tertatih dalam dunia riset sosial

Peneliti sosial Indonesia tertinggal dalam hal riset yang bisa membantu menjelaskan gejala di masyarakat. Peneliti yang berhadapan dengan mekanisme pasar menjadi salah satu penyebab.

Top contributors

More