Menu Close

Articles on pengobatan

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Warga di depan rontgen toraks paru saat pelaksanaan layanan keliling deteksi tuberkulosis (TBC) di Pukesmas Belawan, Medan, Sumatera Utara, 1 Desember 2023. ANTARA FOTO/Yudi/rwa

Mengapa layanan kesehatan jiwa penting bagi pasien tuberkulosis? Ini strateginya

Individu terinfeksi atau pasien TBC mempunyai risiko peningkatan masalah kesehatan jiwa selama proses diagnosis, pengobatan, dan pemulihan. Langkah strategis diperlukan untuk menjawab masalah ini.
Gambaran hasil analisis mikroskop dari partikel virus Nipah (merah) dan sel Vero yang terinfeksi (biru). Gambar dari Fasilitas Penelitian Terpadu NIAID di Fort Detrick, Maryland, AS. NIAID

Wabah virus Nipah di India: sejauh mana terobosan riset vaksin dan obat untuk melawannya?

Virus ini memiliki nilai persentase tingkat kematian sekitar 75%. Artinya, jika terinfeksi, maka kemungkinannya dapat menyebabkan kematian sejumlah tiga dari empat kasus.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menandatangani berita acara pandangan mini fraksi atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan di Kompleks Parlemen, Jakarta, 19 Juni 2023. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.

UU Kesehatan baru: apakah penghapusan anggaran wajib minimal 5% APBN dan 10% APBD tepat saat ini?

Langkah yang tepat adalah strategi pentahapan. Alokasi anggaran minimal 10% APBD, baiknya tetap dipertahankan. Untuk 5% APBN bisa dihapuskan.
Banyak orang antre untuk pengobatan tradisional Ida Dayak di Markas Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, 3 April 2023. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Pengobatan alternatif dan klaim kesembuhan penyandang disabilitas: mispersepsi yang perlu diluruskan

Kita semua bertanggung jawab untuk terus mengawal pemenuhan hak-hak kesehatan yang inklusif. Kita harus mengakhiri mispersepsi dan stigma terkait penyandang disabilitas.
Petugas gabungan Balai Pengawas Obat dan Makanan dan Kepolisian memeriksa obat sirup di sebuah apotek di Cipocok, Kota Serang, Banten, 25 Oktober 2022. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/h

Kasus obat sirup beracun: apa kewajiban industri farmasi dalam produksi obat aman dan bagaimana praktiknya?

Penarikan obat merupakan salah satu cara industri farmasi untuk menjaga kualitas produk dan pengendalian resiko dengan menarik produk yang bermasalah dari pasaran.
Tenaga kesehatan melakukan rontgen thorax terhadap pasien di RSUD Kota Tangerang, Banten, 25 November 2021. Pemerintah Kota Tangerang menghadirkan layanan rontgen thorax secara gratis untuk deteksi dini tuberculosis (TB) bagi para penyandang diabetes melitus. ANTARA FOTO/Fauzan/YU

Mengapa kegagalan pengobatan tuberkulosis banyak terjadi di Indonesia?

Studi di Turki menunjukkan keterlibatan tenaga kefarmasian dalam pelayanan langsung terhadap edukasi, pendampingan dan monitoring pasien TB dapat meningkatkan kepatuhan pengobatan TB.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito (kedua kiri) menyatakan hasil uji klinik tahap tiga obat kombinasi baru untuk COVID-19 dari Universitas Airlangga, TNI AD, dan Badan Intelijen Negara belum valid, Jakarta, 19 Agustus 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.

7 persoalan serius dalam uji klinik calon obat COVID-19 dari riset Unair, BIN, dan TNI AD

Untuk menghindari kesalahan serupa, universitas dan pihak yang bekerja sama harus mengikuti proses ilmiah standar sehingga dapat menjamin akuntabilitas penggunaan dana publik untuk riset.
Seorang tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri lengkap saat jam pertukaran piket di rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Banten, 13 Juli 2020. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

4 gelombang besar pandemi Covid-19 menghantam sistem pelayanan kesehatan

Strategi utama adalah segera menekan pertumbuhan kasus baru Covid-19 di masyarakat agar rumah sakit tidak kewalahan menampung pasien.
Kerahasiaan data pasien dapat menjadi isu yang serius jika data tersebut bocor ke pihak yang tidak berwenang untuk mengakses data. Andrey Suslov/Shuttestock

Telekonsultasi medis meningkat pesat saat pandemi COVID-19, tapi muncul tiga masalah baru

Dalam waktu dekat sebagian besar telekonsultasi dokter-pasien akan lebih banyak digunakan oleh masyarakat perkotaan. Tapi ada masalah etika, legal, dan sosio-teknologi.

Top contributors

More