Menu Close
Unsplash/CDC

Vaksin COVID yang lebih baik sedang dalam proses. Apa yang mereka lakukan? Dan teknologi apa yang mungkin kita lihat nanti?

Regulator di Australia dan Amerika Serikat minggu lalu menyetujui booster atau vaksin dosis penguat khusus Omicron, menyusul Inggris yang menyepakatinya pada pertengahan Agustus.

Di Australia, booster Moderna Omicron untuk sementara telah disetujui untuk digunakan pada orang dewasa berusia 18 tahun ke atas. Persediaan vaksin ini diharapkan tiba dalam minggu-minggu mendatang, namun Kelompok Penasihat Teknis Australia untuk Imunisasi (ATAGI) belum memberi tahu pemerintah tentang bagaimana vaksin akan digunakan.

Jadi apa yang baru tentang booster Omicron? Dan kemajuan teknologi vaksin seperti apa yang akan kita lihat selanjutnya?


Read more: COVID vaccine: how the new 'bivalent' booster will target omicron


Mengapa kita membutuhkan vaksin baru?

Vaksin COVID saat ini akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pencapaian terbesar ilmu kedokteran. Dikembangkan dengan kecepatan tinggi – tanpa mengabaikan langkah-langkah biasa untuk memastikan keamanan dan kemanjuran – vaksin ini secara signifikan menurunkan risiko penyakit parah dan kematian.

Tapi mereka kurang efektif dalam mengurangi infeksi. Booster yang disuntikkan berkali-kali diperlukan untuk melindungi dari sub-varian baru. Ini karena protein spike, yang menjadi target vaksin, telah berubah. Dan seiring waktu, perlindungan kita berkurang karena kekebalan yang menurun.

Apa saja vaksin spesifik Omicron?

Sebagian besar produsen vaksin COVID yang disetujui mulai membuat booster yang menargetkan varian sebelumnya, sejauh tahap Alpha. Tapi sampai Omicron, vaksin penguat khusus varian ini tidak menawarkan keuntungan signifikan dibandingkan vaksin yang menargetkan strain asli, atau Wuhan.

Booster Omicron yang baru menggabungkan dua target berbeda dalam satu vaksin, yang dikenal sebagai vaksin bivalen. Ini memberikan perlindungan silang yang lebih luas – terhadap varian yang beredar saat ini tapi mungkin juga terhadap varian pada masa mendatang.

Nurse vaccinator prepares paperwork
Vaksin khusus Omicron telah disetujui tetapi belum diluncurkan. Diego Fedele/AAP

Booster pertama ini, diproduksi oleh Moderna, menargetkan sub-varian BA.1 Omicron, selain strain asli atau Wuhan. Booster ini juga memberikan perlindungan terhadap BA.4 dan BA.5. Vaksin ini telah disetujui di Inggris Raya, Australia dan AS.

AS juga telah menyetujui penguat bivalen Pfizer, yang menargetkan spike BA.4/BA.5 serta strain aslinya.

Teknologi vaksin apa yang mungkin kita lihat selanjutnya?

Para ilmuwan sedang bekerja untuk mengembangkan vaksin COVID yang:

  • menawarkan perlindungan yang lebih tahan lama

  • melindungi dari varian dan sub-varian baru

  • memberikan tingkat perlindungan yang sama dari dosis tunggal

  • tidak memerlukan pembekuan atau pendinginan, dan yang memiliki umur simpan yang lama

  • memberikan respons yang kuat dari dosis bahan aktif yang lebih rendah.


Read more: Nose sprays, needle-free patches, durable immunity: towards the next generation of COVID vaccines


Lebih dari 120 vaksin COVID potensial sedang dalam uji klinis. Berikut adalah beberapa perbaikan yang sedang mereka kerjakan.

Perlindungan yang lebih kuat terhadap varian baru

Sebagian besar vaksin yang disetujui sejauh ini menargetkan seluruh protein spike. Tapi banyak vaksin yang sedang dikembangkan secara khusus menargetkan bagian protein spike yang mengikat reseptor yang sesuai pada sel kita. Ini cenderung tidak berubah daripada bagian lain dari protein spike, memberikan perlindungan yang lebih kuat terhadap varian baru.

Kandidat vaksin yang menggunakan pendekatan ini termasuk Icosavax dan satu dari Serum Institute of India.

Penyimpanan lebih mudah

Vaksin berbasis DNA mirip dengan vaksin mRNA (Pfizer dan Moderna) tapi lebih stabil terhadap suhu, membuatnya lebih mudah untuk diangkut dan disimpan. Salah satu vaksin tersebut, dibuat oleh produsen Zydus, telah menerima otorisasi penggunaan darurat di India dan disuntikkan ke kulit. Lainnya, oleh Inovio, sedang menjalani uji coba fase tiga.

Respon imun yang lebih baik dari dosis yang lebih rendah

Dengan vaksin COVID saat ini, tubuh diberikan instruksi untuk membuat protein lonjakan, atau mengirim protein lonjakan itu sendiri. Vaksin tidak dapat mereplikasi atau memperbanyak diri. Vaksin yang dapat bereplikasi memiliki potensi untuk menghasilkan respons imun yang lebih kuat atau respons yang cukup kuat dari dosis yang lebih rendah.

Vaksin anti-varian

Akhirnya, banyak vaksin yang sedang dikembangkan memiliki target ambisius untuk melindungi dari semua virus corona atau vaksin yang pada dasarnya tahan terhadap varian-variannya. Meski sejauh ini belum tercapai untuk keluarga virus yang serupa, ada banyak kandidat yang menjanjikan.

Banyak yang mengandalkan penggabungan antigen dari berbagai bagian virus atau bahkan beberapa virus corona. Lainnya menggabungkan beberapa domain pengikat reseptor (berpotensi memungkinkan vaksin untuk memberikan respon imun yang lebih luas terhadap berbagai varian) dengan teknologi inovatif lainnya.

Salah satu cara untuk memberikan vaksin adalah melalui hidung, yang dikenal sebagai vaksinasi intranasal. Alih-alih menyuntikkan, Anda menghirupnya.

Memberikan vaksin melalui rute yang sama dengan masuknya virus memiliki potensi untuk menghasilkan respons yang lebih mampu untuk menghentikan virus masuk di tempat asal.

Salah satu keterbatasan utama vaksin hidung adalah mendapatkan respons imun yang cukup kuat agar efektif. Namun ada banyak kandidat yang berprospek, termasuk yang sedang saya kerjakan.

Vaksin yang diberikan melalui kulit juga merupakan area yang menjanjikan. Selain vaksin DNA yang disuntikkan ke dalam kulit, vaksin lain sedang dikembangkan menggunakan vaksin yang dilapisi pada tambalan, yang pada dasarnya terbuat dari jarum mikroskopis. Ini lebih mudah untuk dikelola.

Ini mungkin juga memiliki beberapa keuntungan dalam hal respons imun dan kemampuannya untuk disimpan pada suhu kamar. Salah satu vaksin yang terlihat menjanjikan telah dikembangkan oleh kelompok yang berasal dari University of Queensland.

Terakhir, vaksin oral yang Anda minum juga sedang dikembangkan. Meskipun berpotensi menjadi metode administrasi yang paling nyaman, metode ini juga merupakan salah satu tantangan besar dalam hal mendapatkan respons yang cukup kuat untuk efek yang diperlukan.

Sementara hingga lima vaksin dalam pengembangan sedang menjajaki cara pemberian ini, termasuk satu yang saya terlibat di dalamnya, mereka berada dalam fase uji klinis yang relatif awal.


Read more: A COVID-19 vaccine may come without a needle, the latest vaccine to protect without jabbing


This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,100 academics and researchers from 4,941 institutions.

Register now