Menu Close
Tiga karyawan bekerja di ruang kantor.
Antara 2012 dan 2021, pendanaan untuk perusahaan rintisan teknologi AS melonjak menjadi $344 miliar. gorodenkoff/iStock via Getty Images

Apa perbedaan antara ‘startup’ dan bisnis lainnya?

Apa perbedaan antara startup dan bisnis, dan apakah yang satu lebih baik dari yang lain? - Aditya, usia 16 tahun, Ranchi, Jharkhand, India


Semua startup adalah bisnis, tetapi tidak semua bisnis adalah startup.

Hampir 100.000 bisnis baru berdiri setiap minggu di Amerika Serikat pada 2022. Namun, apa yang membedakan sebuah startup?

Sebagai seorang profesor pemasaran dan inovasi yang telah bekerja di beberapa startup, termasuk Netflix pada masa-masa awal berdirinya, saya dapat membagikan beberapa perbedaan antara startup dan bisnis yang lebih tradisional.

Startup menciptakan sesuatu yang baru

Bisnis tradisional umumnya memiliki solusi yang sudah mapan untuk masalah yang sudah diketahui dan tidak mengembangkan sesuatu yang baru.

Sebagai contoh, sebuah restoran sushi baru di lingkungan sekitarmu mungkin merupakan sebuah bisnis baru, namun sama sekali bukan startup. Namun, jika sebuah perusahaan lokal baru mengembangkan perangkat yang dapat membuat sushi secara otomatis dan mencoba membuat restoran sushi menggunakannya, maka itu adalah sebuah startup. Restoran tersebut hanya mencoba untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar akan sushi, sedangkan perusahaan perangkat tersebut mencoba mengubah semua restoran sushi dengan metode barunya.

Startup berpusat pada inovasi yang belum pernah dibawa ke pasar sebelumnya. Ini bisa berupa produk atau layanan, teknologi, proses, merek, atau bahkan model bisnis baru. Umumnya, mereka memiliki tujuan besar untuk mengubah industri dengan mendisrupsi pemimpin pasar atau perilaku pelanggan saat ini.

Pikirkan Uber, sebuah perusahaan rintisan inventif yang awalnya beroperasi di San Francisco. Perusahaan ini membangun model taksi yang telah teruji–sebuah bisnis–dan menciptakan aplikasi berbagi tumpangan unik yang belum pernah ada sebelumnya.

Tujuan startup

Terlepas dari produk dan lokasinya, fokus utama dari sebuah startup adalah mencari tahu apakah ada kebutuhan untuk produk mereka.

Startup mencoba menemukan dan mengoptimalkan target pasar untuk solusi baru mereka. Siapa yang akan menghargai dan membeli apa yang mereka kembangkan? Perusahaan rintisan sering kali berpikir bahwa mereka memiliki gambaran yang baik tentang siapa yang akan menyukai apa yang mereka bangun, tetapi mereka tidak selalu benar.

Sebagai contoh, saya mengepalai bagian pemasaran hampir satu dekade yang lalu di Contactually, perusahaan rintisan yang berfokus pada jejaring profesional. Saat Contactually mulai mempromosikan layanannya, mereka menargetkan bisnis kecil di beberapa industri, dengan berpikir bahwa produknya memenuhi kebutuhan yang sama untuk semua industri tersebut. Namun kemudian kami menemukan bahwa penawaran kami bekerja dengan sangat baik untuk agen real estate dan pialang, dan kami mulai mengerahkan semua upaya untuk memenuhi kebutuhan kelompok ini secara eksklusif.

Bagian dari mengidentifikasi target pasar adalah menetapkan kesesuaian produk/pasar–sejauh mana inovasi memenuhi kebutuhan pasar. Perusahaan rintisan tahu bahwa mereka mungkin telah menemukan sesuatu ketika pelanggan dari target pasar membeli solusi baru dan bersedia berbagi pengalaman positif mereka dengan orang lain.

Setelah sebuah startup melewati tahap-tahap tersebut, startup tersebut akan mencoba untuk berkembang. Ini berarti berhasil startup bertumbuh sehingga tidak dibatasi oleh pendanaan atau staf. Sebagai contoh, ketika Netflix meluncurkan platform streaming pada 2010, perusahaan ini mampu mengembangkan sayapnya ke seluruh dunia dengan cara yang lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan jika mereka tetap bertahan dengan model bisnis “DVD-melalui-milis”.

Akhirnya, untuk mencapai hal-hal yang memungkinkannya untuk berkembang, perusahaan rintisan umumnya berfokus pada menghabiskan waktu bersama dan belajar dari pelanggan mereka. Setelah mencapai ukuran tertentu, sebagian besar bisnis kurang fokus pada pembelajaran pelanggan dan lebih fokus pada membuat perusahaan menjadi lebih efisien.

Sebuah tim bekerja bersama di sebuah kantor.
Penelitian menunjukkan sekitar 90% perusahaan rintisan akan gagal, sementara ribuan perusahaan rintisan baru bermunculan setiap minggunya. Kelvin Murray/Stone via Getty Images

Bertransisi menjadi bisnis yang mapan

Amazon, Netflix, Uber, dan Airbnb adalah perusahaan-perusahaan besar dunia yang berawal dari sebuah perusahaan rintisan. Berhasil mengembangkan startup menjadi perusahaan yang makmur sangatlah sulit. Data industri menunjukkan bahwa 90% startup akan gagal.

Setelah mapan di pasarnya, bisnis tradisional menghadapi tantangan yang berbeda: menjalankan bisnis dengan lebih efisien.

Perusahaan rintisan mungkin dapat mengandalkan pendanaan dari berbagai jenis investor luar saat mereka mulai kokoh berdiri. Namun, bisnis yang sudah mapan harus berjalan dengan lancar untuk menghasilkan keuntungan dari apa yang dijualnya.

Perusahaan non-startup perlu mencari cara untuk mengelola pekerja dengan lebih baik dan menjalankan bisnis dengan cara yang dapat memecahkan masalah pelanggan sekaligus memungkinkan perusahaan untuk memenuhi semua tujuannya.

Untuk bisnis non-startup, tujuan spesifiknya bisa berupa berapa banyak uang atau keuntungan yang dihasilkan perusahaan, bagaimana dan ke mana harus berekspansi untuk tumbuh lebih banyak atau lebih cepat, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat produk, atau bagaimana membuat lebih banyak produk dengan sumber daya yang sama atau lebih sedikit.

Meskipun fokus startup adalah menentukan apakah ada permintaan untuk produk baru dan inovatif, tujuan utama bisnis tradisional adalah menciptakan operasi yang efisien yang dapat bertahan jauh di masa depan.

Jika beruntung, startup yang sukses, seperti Uber atau Netflix, akan berkembang dan tumbuh, yang pada akhirnya berevolusi menjadi bisnis tradisional–bisnis yang mungkin akan diganggu oleh perusahaan-perusahaan rintisan dengan ide-ide baru di masa depan.


Rahma Sekar Andini dari Universitas Negeri Malang menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now