Menu Close
Shutterstock

Apakah alien itu ada? 4 dari 5 ahli mengatakan bahwa alien memang ada

Banyak spekulasi yang beredar mengenai isi dari sebuah laporan rahasia yang akan dirilis akhir bulan ini oleh satuan tugas Unidentified Aerial Phenomena (UAP) Pentagon, atau, menggunakan istilah yang lebih populer, UFO.

Dokumen tersebut, yang dirilis pada 25 Juni 2021, diduga akan memberikan rangkuman komprehensif tentang pengetahuan pemerintah Amerika Serikat mengenai UFO.

Meskipun laporan tersebut belum dipublikasikan, New York Times baru-baru ini menerbitkan laporan yang diklaim sebagai pratinjau dari temuan-temuan tersebut, yang diberikan oleh pejabat senior tanpa nama yang mengetahui isi laporan tersebut.

Menurut sumber Times, laporan tersebut tidak memberikan kaitan yang jelas antara lebih dari 120 insiden penampakan UFO dalam dua dekade terakhir, dengan kemungkinan Bumi pernah dikunjungi alien.

Jika narasumber Times bisa dipercaya, jelas tidak ada alasan kuat untuk menafsirkan objek yang tidak bisa dijelaskan di langit sebagai bukti keberadaan alien. Tapi apakah itu berarti alien tidak ada di luar sana, di suatu tempat di alam semesta? Dan jika memang ada, bisakah kita menemukannya? Atau mungkinkah mereka sangat berbeda dengan kita sehingga “menemukan” mereka tidak mungkin dilakukan dalam arti yang sebenarnya?

Kami bertanya kepada lima ahli.

Empat dari lima ahli mengatakan bahwa alien itu memang ada

Berikut ini adalah tanggapan mereka:


Rahma Sekar Andini dari Universitas Negeri Malang menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,800 academics and researchers from 4,948 institutions.

Register now