Menu Close
Gaji guru

Cek Fakta: Ganjar klaim ada guru yang digaji Rp300 ribu. Benarkah?

“Saya mau bercerita pengalaman saja ketika guru SMA, SMK, SLB diberikan pada provinsi maka pada saat itu yang saya tanya pertama adalah ‘Berapa gajimu? Rp300 ribu, Pak.’ Sungguh tidak adil pemerintah ini. Maka pada saat itu saya sampaikan kasih gaji sesuai UMP yang ada di Jawa Tengah, UMK yang ada di Jawa Tengah, tambah 10% baru kemudian kita dorong proses sertifikasi dan peningkatan kapasitas.”

– Ganjar Pranowo, calon presiden (capres) nomor urut 3, dalam Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu, 4 Februari 2023.

Ganjar soal upah guru
Ganjar menyampaikan pandangannya saat debat kelima Pilpres 2024. Debat tersebut bertemakan kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Ganjar menyebut sempat bertemu guru yang digaji jauh di bawah standar upah minimimum provinsi (UMP) dan kabupaten/kota (UMK). Untuk mengecek kebenaran klaim Ganjar tersebut, The Conversation Indonesia menghubungi Putu Sukma Kurniawan, dosen Fakultas Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha.

Hasil analisis: timpangnya gaji guru

Sejatinya, konteks pernyataan ini belum jelas. Namun, jika yang dimaksud Ganjar adalah gaji guru honorer, pernyataannya bisa jadi benar.

Secara umum, berdasarkan analisis Katadata yang dihimpun situs lowongan kerja Jobstreet, gaji guru di Indonesia masuk kategori rendah di negara-negara ASEAN. Rata-rata terendah gaji guru di Indonesia pada Oktober 2023 adalah Rp2,4 juta per bulan. Bandingkan dengan rata-rata terendah gaji guru di Singapura yang mendekati Rp12 juta (S$2.200) per bulan.

Sementara itu, data dari Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa menunjukkan rentang kisaran gaji guru yang berstatus pegawai negeri beserta tunjangan-tunjangan yang diterima adalah antara Rp4 juta hingga Rp12 juta per bulan. Ada berbagai aturan yang meregulasi gaji guru ini.

Sementara, jika berbicara kisaran gaji guru honorer, angkanya cenderung lebih bervariasi dan umumnya lebih rendah. Gaji tenaga honorer diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 83/PMK.02/2022 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2023.

Berdasarkan PMK tersebut, besaran gaji pengajar honorer yang berasal dari luar satuan kerja penyelenggara—penyelenggara pelayanan publik yang berhubungan langsung dengan pengguna layanan atau dalam hal ini adalah sekolah—sebesar Rp300.000. Sementara itu, pengajar honorer yang berasal dari dalam satuan kerja penyelenggara adalah Rp200.000.

Untuk wilayah Jakarta, gaji guru honorer SD berkisar antara Rp1,5 juta sampai Rp2 juta per bulan. Sementara itu, di daerah lain dengan pendapatan asli daerah yang rendah, gaji guru honorernya berkisar Rp250 ribu sampai Rp1 juta per bulan.


Artikel ini merupakan hasil kolaborasi program Panel Ahli Cek Fakta The Conversation Indonesia bersama Kompas.com dan Tempo.co, didukung oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI).

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,700 academics and researchers from 4,947 institutions.

Register now