Menu Close

Curious Kids: bagaimana cara matahari membantu tubuh kita membuat vitamin D?

Seorang gadis muda memandang ke matahari.
Shutterstock.

Bagaimana cara matahari membantu tubuh kita membuat vitamin D? Wesley, 7 tahun.


Terima kasih untuk pertanyaan yang bagus ini, Wesley.

Vitamin D dibuat ketika bahan kimia di kulit kita bereaksi terhadap sesuatu yang tidak terlihat dalam cahaya matahari.

Sebagian besar vitamin D dibuat oleh kulit kita, tapi kita juga bisa mendapatkan sedikit vitamin D dari beberapa makanan yang kita makan seperti ikan, telur, dan jamur.

Vitamin D sangat penting bagi tubuh kita karena membantu memperkuat tulang dan membuat otot bekerja dengan baik.

Vitamin ini sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena tulang mereka sedang tumbuh.

Cahaya yang terlihat dan tidak terlihat

Mari kita bahas sedikit tentang sinar matahari.

Sinar matahari bukan hanya sinar keemasan yang membangunkan kita pada pagi hari atau menyinari kulit Anda.

Sinar matahari sebenarnya ada dalam banyak warna, beberapa bisa kita lihat dan ada yang tidak bisa kita lihat.

Pelangi adalah contoh cahaya yang terlihat, atau sinar matahari yang bisa kita lihat. Tetesan air di langit membelah cahaya matahari menjadi warna-warna sinar yang berbeda.

Tapi tidak semua cahaya terlihat seperti warna pelangi.

Sebuah pelangi di langit biru.
Pelangi adalah contoh cahaya yang terlihat, tapi tidak semua cahaya dapat terlihat. Nikki Zalewski/ Shutterstock

Beberapa jenis sinar matahari tak kasat mata. Sinar matahari inframerah adalah salah satunya. Kalau mata kita bisa melihat inframerah, maka inframerah akan berada tepat di atas warna merah dalam pelangi.

Cahaya inframerah membuat kita hangat karena menghasilkan panas. Kita mungkin merasakannya memanaskan kulit pada hari yang cerah.

Jenis cahaya tak kasat mata lainnya adalah ultraviolet. Jika kita bisa melihat sinar ultraviolet, warna ini akan berada di bawah warna ungu dalam pelangi.

Cahaya ultraviolet sering disebut sinar UV atau radiasi UV.

Manusia tidak dapat melihat cahaya inframerah atau ultraviolet, tapi sebagian besar hewan bisa. Bahkan, ikan mas dapat melihat cahaya inframerah dan ultraviolet.

Cahaya mana yang penting dalam pembuatan vitamin D?

Kita sering menggunakan sesuatu yang disebut indeks UV untuk mengukur seberapa banyak cahaya UV di luar. Indeks UV kadang-kadang dilaporkan dengan ramalan cuaca dan memberi tahu kita seberapa kuat radiasi UV pada hari itu.

Ada dua jenis sinar UV yang mengenai kita dari matahari, yang disebut UV-A dan UV-B. Tapi hanya sinar UV-B yang membantu pembuatan vitamin D.

Indeks UV sederhana dari rendah ke tinggi.
Indeks UV dapat memberi tahu kita apa yang perlu dilakukan untuk melindungi diri dari sinar matahari. Sudowoodo/ shutterstock

Sinar UV-B penuh energi, seperti anak kecil yang tidak bisa duduk diam. Sinar ini memiliki lebih banyak energi daripada UV-A, energi ekstra itulah yang diperlukan untuk membuat vitamin D.

Bagaimana persisnya?

Ketika sinar UV-B mengenai kulit kita, energi dalam cahaya bergabung dengan bahan kimia di lapisan paling atas kulit kita.

Terkadang energi ini membantu tubuh menghasilkan vitamin D. Di lain waktu, kombinasi tersebut dapat menghasilkan bahan kimia buruk yang menyebabkan kulit terbakar, dan mungkin kemudian menjadi kanker kulit.

Ketika energi UV-B diserap oleh suatu bahan kimia, sinar itu memberi bahan kimia tersebut lebih banyak energi. Para ilmuwan menggambarkan ini sebagai bahan kimia yang “berenergi”

Panas dari sinar inframerah memberikan lebih banyak energi pada bahan kimia itu, sehingga banyak ikatan yang menahan bahan kimia itu terpisah dan berubah menjadi bahan kimia yang sama sekali berbeda.

Rantai orang-orangan dari kertas.
Rantai seperti ini sedikit mirip dengan struktur bahan kimia di kulit kita sebelum energi UV-B membuat mereka berenergi dan mereka berubah bentuk. Shutterstock

Bayangkan bergandengan tangan dengan semua teman kamu dan membuat lingkaran besar, lalu berlarian ke sana kemari. Beberapa teman kamu kehilangan cengkeraman mereka dan tangan mereka terpisah. Saat itu terjadi, bentuk lingkaran hilang dan berubah menjadi bentuk lain.

Inilah yang terjadi dalam kulit. Bahan kimia yang bergabung dengan UV-B berubah, karena hubungan antara atom dalam lingkaran putus, menjadi vitamin D.

Vitamin D kemudian diambil oleh darah yang mengalir melalui kulit.

Sebelum digunakan dalam tubuh, vitamin D harus melewati hati dan kemudian ke ginjal tempat vitamin ini berubah menjadi bentuk yang dapat berguna bagi tulang dan otot kita.

Tapi hati-hati jangan sampai terbakar matahari

Mendapatkan sinar matahari pada kulit sangat penting, tapi jangan sampai mendapat terlalu banyak karena kulit bisa terbakar matahari.

Saat langit cerah, matahari bisa sangat kuat sehingga kita hanya perlu berada di luar selama beberapa menit setiap hari untuk menjaga vitamin D tetap tinggi.

Namun, menghabiskan banyak waktu di luar rumah tetap bermanfaat, terutama di pagi dan sore hari.

Gadis muda mengenakan topi dan kacamata hitam membalurkan krim tabir surya di wajah.
Jika indeks UV adalah 3 atau lebih tinggi, sangat penting untuk menjaga kesehatan diri dari sinar matahari. Cari tempat teduh jika memungkinkan dan pastikan kamu memakai topi dan tabir surya. Shutterstock

Pastikan kamu menggunakan pelindung dari sinar matahari seperti topi, pakaian, dan tabir surya jika indeks UV-nya 3 atau lebih tinggi.


Artikel ini diterjemahkan oleh Agradhira Nandi Wardhana dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,900 academics and researchers from 4,948 institutions.

Register now