Menu Close

Di mana kebun binatang pertama di dunia?

Ilustrasi ruang interior dengan kandang hewan berjejer di dinding yang menampung kucing besar, monyet, dan gajah. Ada penonton di topi atas dan pakaian gaya lama.
Tampilan interior Polito’s Royal Menagerie, Exeter Change, Strand, Westminster, London, 1812. Heritage Images/Hulton Archives via Getty Images

Siapa yang membuat kebun binatang pertama?? – Veronica, umur 11, Accokeek, Maryland, USA


Jawabannya adalah sejarawan tidak tahu siapa yang membangun kebun binatang pertama, atau kapan dibangun. Tapi kita bisa yakin itu terjadi dulu sekali.

Ketertarikan manusia dengan hewan sudah ada sejak manusia ada. Dalam lukisan gua tertua yang ditemukan, beberapa di antaranya berusia hingga 40.000 tahun, ada lebih banyak gambar binatang daripada manusia.

Pada titik tertentu, manusia mulai menangkap dan memegang hewan sehingga mereka dapat melihat mereka dari dekat kapan pun mereka mau.

Kebun binatang untuk dinikmati oleh segelintir orang yang beruntung

Koleksi hewan eksotis pertama yang diketahui dimiliki oleh keluarga kerajaan – dan tidak dibuka untuk umum.

Photo of an archaeological dig site showing a curled-up skeleten of a baboon.
sisa-sisa babon yang ditemukan di pemakaman Mesir kuno di Hierakonpolis. ©Renee Friedman, Courtesy of Hierakonpolis Expedition

Penggalian arkeologi di kota Mesir kuno Nekhen telah menemukan bangunan dari sekitar 3500 SM. Penemuan ini berisi sisa-sisa kuda nil, babon, dan gajah penangkaran – hewan yang bukan asli Mesir. Tapi hidup tidak mudah bagi hewan-hewan ini. Mereka mungkin berumur pendek, dan jasad mereka menunjukkan bukti adanya luka parah.

Makam firaun Mesir Sahure, yang meninggal sekitar 2500 SM, termasuk gambar realistis beruang Suriah mengenakan kerah dan kalung. Diperkirakan mereka dibawa kembali dari ekspedisi perdagangan. Berapa usia hidup beruang hidup, tidak ada yang tahu.

Kebun binatang publik dibuka untuk umum

Pameran hewan yang terbuka untuk umum pertama kali mungkin dibuat oleh Ratu Mesir Hashepsut sekitar tahun 1480 SM yang lalu. Para peneliti berpikir kebun binatang dimulai dengan hewan yang dibawa pulang dari ekspedisi ratu yang dikirim ke negeri jauh yang dikenal sebagai Punt, yang mungkin adalah Eritrea modern. Tidak jelas mengapa dia membangun kebun binatang, tetapi mungkin untuk memamerkan kekayaan dan haknya untuk memerintah. Menjaga hewan berbahaya dan eksotis di penangkaran terkadang menjadi cara bagi penguasa untuk menunjukkan betapa berkuasanya mereka.

Kebun binatang awal ditemukan di seluruh dunia. Di Cina, Kaisar Wen-Wang dikatakan telah membangun “Taman Intelijen” sekitar tahun 1060 SM Di dalamnya bisa ditemukan rusa, burung, dan banyak jenis ikan.

Di Inggris, Raja Henry I mendirikan kebun binatang pada sekitar tahun 1110 sebagai bagian dari tanah kerajaan di Woodstock, di Oxfordshire. Koleksinya termasuk harimau, unta, singa, dan landak. Koleksi ini akhirnya dipindahkan ke Tower of London pada tahun 1235, sekitar waktu Raja Henry III diberi tiga singa oleh Kaisar Romawi Suci Frederick II. Koleksinya tinggal di lokasi itu selama 600 tahun.

An illustration of two tigers attacking a lion inside a caged room.
Dua harimau menyerang seekor singa di Tower of London Menagerie pada 3 Desember 1830. Singa itu terluka parah hingga mati beberapa hari kemudian. Heritage Images/Hulton Archives via Getty Images

Jika kamu mengunjungi Towe of London hari ini, kamu dapat melihat beberapa kandang: Mereka adalah batu telanjang dengan jeruji logam. Sulit membayangkan bahwa hewan memiliki kehidupan yang baik di sana. Raja Prancis mengirim seekor gajah pada tahun 1255. Meskipun memiliki kandang khusus sendiri, ia mati setelah hanya beberapa tahun. Beberapa koleksinya pernah termasuk beruang kutub yang diizinkan berenang di Sungai Thames dengan rantai panjang. Pada suatu waktu, biaya masuk untuk pengunjung umum adalah dengan membayar karcis murah atau memberi anjing atau kucing liar untuk makanan singa.

Di Amerika, Montezuma II memiliki kebun binatang di Tenochtitlan, sekarang dikenal sebagai Mexico City, pada akhir tahun 1500-an. Termasuk banyak burung, mamalia karnivora, dan ular. Kebun binatang ini sangat besar sehingga 300 orang dipekerjakan untuk merawat hewan. Kaisar secara pribadi memberikan tur kebun binatang kepada pengunjung pertama dari Eropa. Tentara Spanyol, yang dipimpin oleh Hernán Cortés, menulis tentang betapa mereka mengagumi kebun binatang meskipun mereka terus menghancurkannya selama penaklukan Tenochititlan pada tahun 1591

A crowd of people wearing turn of the 20th century clothing in front of a two story tall monkey enclosure with many tree branches inside.
Rumah monyet di Kebun Binatang Schönbrunn di Wina. Seluncuran lentera berwarna tangan, sekitar tahun 1900. Imagno/Hulton Archive

Kebun binatang tertua yang terus beroperasi di dunia – dan masih buka di tempat yang sama – adalah Kebun Binatang Schönbrunn, yang dibangun di Wina, Austria, pada tahun 1752. Kebun binatang ini terkenal sebagai yang pertama menggunakan banyak inovasi desain, seperti memelihara hewan di latar natural dan menempatkan beberapa spesies bersama-sama dalam satu kandang.

Kebun binatang telah berkembang pesat, terutama dalam cara mereka merawat hewan. Bahkan, banyak kebun binatang saat ini juga merupakan organisasi konservasi, yang fokus pada perlindungan hewan yang terancam punah.


Apakah kamu punya pertanyaan yang ingin ditanyakan ke ahli? Minta bantuan ke orang tua atau orang yang lebih dewasa untuk mengirim pertanyaanmu pada kami. Ketika mengirimkan pertanyaan, pastikan kamu sudah memasukkan nama pendek, umur, dan kota tempat tinggal. Kamu bisa:


Arina Apsarini dari Binus University menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now