Menu Close
Pandangan mikroskopis dari virus Ebola. jaddingt/Shutterstock

Ebola mewabah di Uganda: apa saja gejalanya, bagaimana penyebarannya dan dari mana asalnya?

Otoritas kesehatan Uganda telah mengumumkan wabah penyakit Ebola dan per 12 Oktober, 19 orang meninggal akibat Ebola. Wabah Ebola muncul secara berkala di beberapa negara Afrika, terutama di Republik Demokratik Kongo (DRC). Pakar kesehatan masyarakat Yap Boum, yang pernah terlibat dalam penanganan wabah Ebola di masa lalu, menjawab beberapa pertanyaan kunci tentang sejarah Ebola, pengobatan, dan cara menjaga keamanannya.

Apa asal usul virus?

Ebola adalah penyakit tua dan mematikan yang ditemukan pada 1976 di dekat sungai Ebola di DRC utara. Nama virus itu diambil dari nama sungai. Ditemukan oleh ilmuwan termasuk Jean-Jacques Muyembe – seorang ahli mikrobiologi Kongo dan direktur umum Institut Nasional pour la Recherche Biomedicale DRC – dan peneliti dari Institut Kedokteran Tropis, termasuk Stefaan Pattyn, Guido van der Groen dan Peter Piot.

Profesor Muyembe dipanggil ke desa Yambuku di utara Zaire (sekarang DRC) saat penyakit misterius telah pecah. Dia mengambil sampel dan mengirimkannya ke laboratorium Institut Kedokteran Tropis di Belgia, tempat virus diisolasi.

Sejak itu, telah diidentifikasi lima strain virus Ebola, empat di antaranya diketahui menyebabkan penyakit pada manusia: Virus Ebola (Zaire virus ebola); Virus Sudan (Sudan ebolavirus); Virus Taï Forest (Taï Forest ebolavirus, sebelumnya ebolavirus Pantai Gading); dan Virus Bundibugyo (Bundibugyo ebolavirus).

Ini adalah penyakit zoonosis (ditularkan melalui hewan) meskipun inang reservoir alami dari virus Ebola masih belum diketahui. Namun, kelelawar adalah iang yang paling mungkin.

Apa saja gejala Ebola?

Sementara tanda dan gejala mungkin muncul antara 2 dan 21 hari setelah kontak dengan virus, tanda dan gejala ini biasanya terlihat antara 8 dan 10 hari.

Mereka sangat mirip dengan banyak penyakit tropis, terutama malaria dan demam tifoid, dengan gejala yang sama seperti:

  • demam
  • sakit dan nyeri, seperti sakit kepala parah dan nyeri otot dan sendi
  • kelemahan dan kelelahan
  • sakit tenggorokan
  • kehilangan selera makan
  • sakit perut
  • diare dan muntah
  • pendarahan yang tidak dapat dijelaskan, luka atau memar.

Perbedaan utama muncul pada tahap akhir infeksi. Gejala-gejala ini mungkin termasuk mata merah, ruam kulit, dan cegukan.

Bisakah itu diobati?

Penyakit virus Ebola sekarang dapat diobati. Uji klinis PALM – yang diterapkan antara 2018 dan 2020 di DRC – telah mengevaluasi empat kandidat obat. Dua di antaranya – Inmazeb dan Ebanga – disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) AS pada Oktober dan Desember 2020 untuk mengobati penyakit Ebola yang disebabkan oleh virus Ebola. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyediakan obat ini untuk pasien selama wabah Ebola dan tidak tersedia di pasar.

Inmazeb, kombinasi dari tiga antibodi monoklonal dan Ebanga adalah antibodi monoklonal tunggal. Antibodi monoklonal (sering disingkat mAbs) adalah protein yang diproduksi di laboratorium atau fasilitas manufaktur lainnya yang bertindak sebagai antibodi alami untuk menghentikan kuman seperti virus agar tidak bereplikasi setelah menginfeksi seseorang.

Ebanga diisolasi dari pasien yang selamat dari wabah Ebola 1995 di Kikwit di DRC, yang mempertahankan antibodi yang beredar terhadap virus Ebola selama lebih dari satu dekade setelah infeksi.

Tanpa pengobatan, tingkat kematian kasus rata-rata adalah kira-kira 50%. Tapi itu berkisar antara 25% hingga 90% pada wabah sebelumnya.

Bisakah dicegah?

Orang dapat divaksinasi terhadap satu jenis virus yaitu Ebola Zaire. Ini menjadi penyakit yang dapat dicegah setelah validasi satu kandidat vaksin selama Ca Suffit uji klinis Ebola pada 2015 di Guinea. Vaksin Ebola rVSV-ZEBOV (disebut Ervebo®) telah disetujui oleh FDA AS pada Desember 2019. Vaksin ini diberikan sebagai vaksin dosis tunggal dan telah terbukti aman dan protektif dengan kemanjuran 100% dari yang dilaporkan.

Meski belum disetujui oleh FDA AS, Johnson & Johnson memiliki vaksin dua dosis untuk galur Zaire yang digunakan dalam penggunaan darurat pada 2019 selama wabah Ebola di DRC. Vaksin ini memerlukan dosis awal dan dosis “penguat” 56 hari kemudian dan dapat tersedia melalui WHO selama wabah.

Bagaimana Anda bisa melindungi diri sendiri?

Ebola adalah penyakit yang sangat menular tapi, selain vaksinasi untuk strain Zaire, penyebarannya dapat dicegah melalui tindakan perilaku.

Orang-orang harus menghindari kontak dengan darah dan cairan tubuh - seperti urin, feses, air liur, keringat, muntah, ASI, cairan ketuban, air mani, dan cairan vagina - dari orang yang sakit. Orang juga harus menghindari kontak dengan barang-barang pribadi mereka yang mungkin memiliki jejak cairan ini.

Orang yang sebelumnya terinfeksi masih dapat membawa penyakit dalam air mani mereka.


Read more: Ebola survivors can pass on the virus: we're trying to understand what role sex plays


Karena ini adalah penyakit zoonosis – yaitu, ditularkan dari hewan ke manusia – orang harus menghindari kontak dengan kelelawar, kijang hutan, primata bukan manusia (seperti monyet dan simpanse) serta daging dan darah liar terutama di daerah endemik.

Terakhir, praktik pemakaman atau penguburan yang melibatkan menyentuh tubuh seseorang yang mungkin telah meninggal karena Ebola harus dihindari. Pengalaman di Afrika Barat menunjukkan praktik penguburan ini di antara penyebar super dari virus Ebola.

Penyakit virus Ebola adalah penyakit mematikan yang dapat dicegah dan disembuhkan. Langkah selanjutnya adalah produksi diagnostik, vaksin, dan obat-obatan lokal untuk memastikan bahwa negara-negara endemik mengendalikan stok mereka sendiri dan dapat menyediakannya untuk populasi mereka. Afrika tidak dapat ditinggalkan sekali lagi dalam hal diagnostik, vaksin, dan perawatan, seperti yang terjadi selama pandemi COVID dan wabah cacar monyet.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now