Menu Close
Jim Strasma

Ingin melihat gerhana matahari total? Inilah cara merencanakannya, termasuk siasat jika terjadi awan

Minggu ini, para pemburu gerhana akan mengunjungi kota kecil Exmouth, di ujung North West Cape di Australia Barat. Jika cuaca memungkinkan, mereka datang untuk melihat salah satu pemandangan alam terbesar – gerhana Matahari total pada Kamis 20 April 2023.

Baik menginap di hotel, resor, ataupun tempat berkemah, banyak yang telah mengatur perjalanan setahun atau lebih sebelumnya.

Namun, jangan terlalu kecewa jika Anda tidak bisa hadir. Ada kesempatan lain untuk melihat gerhana total akan datang dalam beberapa tahun mendatang. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Pengalaman yang sangat imersif

Gerhana matahari total terjadi pada saat-saat langka ketika Bulan sejajar dengan Matahari dan melintas di depannya dari titik pandang kita di Bumi. Piringan terang Matahari sepenuhnya tersembunyi untuk waktu yang singkat - detik atau menit.

Selama waktu ini, disebut juga totalitas, pengamat gerhana akan melihat lubang gelap di langit tempat Matahari berada, dikelilingi oleh cahaya redup – korona Matahari.


Read more: Explainer: what is a solar eclipse?


Inilah yang ingin disaksikan oleh para pemburu gerhana. Rangkaian lokasi di mana gerhana total akan terlihat oleh pengamat disebut “jalur totalitas”. Orang-orang akan sering melakukan perjalanan ribuan kilometer untuk berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat. Mereka tidak hanya disuguhi pemandangan korona yang luar biasa, tapi mendapatkan pengalaman yang sangat imersif.

Langit dengan cepat menjadi gelap, suhu turun, burung berhenti berkicau, dan hewan mulai tidur. Pengamat yang berkumpul, baik dari kelompok Anda sendiri atau dari negara yang jauh, bersatu dalam pengalaman itu.

The dark spot of the eclipsed Sun is surrounded by a broad ring of white light, the corona
Totalitas tahun 2002, seperti yang terlihat dari Woomera Rocket Range. Kontras sedikit diregangkan untuk menekankan bayangan dan korona. Nick Lomb, Author provided

Read more: A 'hybrid' solar eclipse is about to be visible in Australia. Here's when and where you can see it


Sebuah hobi yang adiktif

Ada dua peringatan terkait dengan gerhana matahari total. Salah satunya adalah petualangan mereka (gerhana matahari total) membuat ketagihan. Seringkali orang-orang yang telah melihat gerhana pertama langsung ingin mulai merencanakan untuk melihat gerhana kedua.

Saya dapat menjamin hal ini secara pribadi – setelah menyaksikan gerhana total pertama saya pada 4 Desember 2002 dari Woomera Rocket Range, saya menjadi sangat tertarik untuk mengamati yang lain.

Melihat korona mengelilingi Matahari yang gelap merupakan pengalaman yang menakjubkan, diperkuat oleh lokasi yang menakjubkan dan kegembiraan dari sesama pengamat.

Gerhana yang saya lihat berikutnya terjadi pada 1 Agustus 2008 di lokasi yang bahkan lebih menarik – sebuah pantai di tepi Waduk Novosibirsk di Siberia. Yang terbaru, saya menyaksikan gerhana Far North Queensland pada 14 November 2012.

Peringatan lainnya adalah: satu-satunya waktu yang aman untuk melihat Matahari secara langsung adalah selama periode singkat totalitas. Di lain waktu, selama fase parsial sebelum dan sesudahnya, perlu dilakukan tindakan hati-hati.

Untuk ini, kacamata gerhana khusus tersedia di planetarium, observatorium publik, grup astronomi amatir, dan toko astronomi. Pastikan kacamata memiliki tanda standar Eropa CE.

Pengambilan foto itu aman, meski hanya selama totalitas kecuali Anda memiliki filter yang sesuai. Tripod sangat penting, karena korona redup dan Anda memerlukan eksposur yang lama. Pengamat gerhana berpengalaman tiba di lokasi gerhana sarat dengan kamera kelas profesional dan lensa telefoto.

Namun, jika Anda baru pertama kali, mungkin lebih baik hanya menonton dan menyerap peristiwa tersebut, daripada mencoba memotretnya.

Several people wearing black paper glasses looking at the sky in awe
Wisatawan dan penduduk setempat menatap dengan kagum pada sebagian matahari gerhana di Bryant Park di Midtown Manhattan pada 21 Agustus 2017.. Mihai O Coman/Shutterstock

Rencanakan ke depan dan tetap bergerak

Setelah gerhana minggu ini di Australia, gerhana matahari total selanjutnya akan terlihat pada 8 April 2024 dari Amerika Serikat dan Meksiko.

Setelah melewati Meksiko, jalur totalitas melintasi Amerika Serikat dari Texas ke Maine, sebelum pindah ke sebagian Kanada.

Ada banyak titik pandang potensial di sepanjang jalur. Namun, sebelum memilih situs, penting untuk mempelajari “laporan iklim” untuk gerhana. Ini memberikan peluang terbaik untuk menghindari musuh terbesar pengamat gerhana – awan.

Namun, bahkan dengan perencanaan awal yang terbaik, awan pada menit-menit terakhir masih mungkin terjadi. Pengamat berpengalaman mencoba untuk tetap bergerak, sehingga jika ramalan cuaca buruk, mereka dapat berpindah ke lokasi lain untuk menghindari awan.

Gerhana matahari total Amerika Serikat akan terjadi pada 12 Agustus 2026 dengan salah satu bagian dari totalitasnya melewati Spanyol dan Islandia. Kemudian akan ada satu lagi pada 2 Agustus 2027, terlihat dari Mesir dan Arab Saudi.

Gerhana mendatang yang paling menarik bagi warga Australia adalah gerhana matahari total pada 22 Juli 2028, yang jalur totalitasnya diteruskan dari Western Australia (WA) melalui Northern Territory ke kota-kota New South Wales seperti Bourke, Dubbo, dan Mudgee sebelum mencapai Sydney.

Jarang ada kota besar yang berada di jalur totalitas, dan lima juta penduduk Sydney akan mendapatkan kesempatan sekali seumur hidup untuk melihat gerhana matahari total dari rumah atau halaman belakang mereka.

A small cloud covering an edge of the corona surrounding the dark disc of the eclipsed Sun
Pada awal totalitas 2012 gerhana, awan kecil ada di depan Matahari, tapi bergerak cepat. Nick Lomb, Author provided

Tentu saja, seperti pada gerhana lainnya, awan mungkin terjadi. Pantaulah terus laporan cuaca saat mendekati tanggal tersebut. Sebelum hari gerhana, lihat prakiraan dari Biro Meteorologi dan situs astronomi khusus.

Seperti disebutkan, untuk pengamat gerhana yang serius, mobilitas sebelum gerhana total sangat penting. Misalnya, pada gerhana 14 November 2012 di Far North Queensland, sebuah kelompok Observatorium Sydney membuat menit terakhir yang sukses lari ke pedalaman untuk menghindari perkiraan cuaca buruk.

Awan, bagaimanapun, tidak semuanya buruk. Untuk gerhana yang sama, saya berada di Palm Cove Beach dan untungnya, awan terbelah tepat pada awal totalitas. Kegembiraan yang terlibat membuat pengalaman yang fantastis dan unik.

Jika Anda tidak berada di North West Cape minggu ini dan ingin merasakan keajaiban gerhana matahari total pada masa depan, Anda mungkin ingin mulai merencanakannya sekarang.


Read more: Since the late 19th century, adventurous female 'eclipse chasers' have contributed to science in Australia


This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,800 academics and researchers from 4,948 institutions.

Register now