Menu Close

Mengapa ‘7’ adalah angka yang paling beruntung?

Rebecca Naden / PA Archive/Press Association Images

Tim sepak bola telah mengenakan nomor punggung sejak Arsenal bereksperimen dengan mengenakan seragam bernomor pada tahun 1928 (hal ini tidak membawa keberuntungan bagi mereka–mereka kalah 3-2 dari Sheffield Wednesday). Namun, Manchester United-lah yang membuat kostum nomor tujuh menjadi ikonik dengan menempatkan para pemain terbaik mereka di dalamnya–mungkin yang paling terkenal adalah David Beckham, yang mengatakan:

“Nomor punggung ini selalu menjadi inspirasi bagi saya, namun itu bukanlah nomor punggung saya. Itu adalah milik George Best, Bryan Robson, Eric Cantona. Satu-satunya alasan saya ingin mengenakan kostum No. 7 adalah karena para pemain tersebut. Saya tidak melihatnya sebagai sebuah intimidasi, saya melihatnya sebagai sebuah kehormatan… Saya selalu menginginkan kostum No. 7, saya tidak pernah berpikir akan mendapatkannya. Dan ketika manajer memutuskan untuk memberikannya kepada saya, itu terasa istimewa.

Mengapa kita mementingkan nomor-nomor tertentu? Mungkinkah kata-kata David Beckham memberi kita wawasan tentang alasan sebenarnya mengapa orang merasa nomor 7 adalah keberuntungan, atau mungkinkah sejarah nomor tersebut meresap ke dalam budaya kita sehingga kita terbenam di dalamnya tanpa benar-benar mengetahui alasannya?

Angka 7 keberuntungan bagi banyak orang. Anthony Devlin / PA Archive/Press Association Images

Semuanya ada di sekitar kita

Coba pikirkan hari-hari dalam seminggu. Mengapa kita memiliki tujuh hari? Tujuh hari dalam sepekan dinamai berdasarkan nama-nama planet, dewa, dan benda-benda langit klasik–Senin (Bulan), Selasa (Mars), Rabu (Merkurius), Kamis (Jupiter), Jumat (Venus), Sabtu (Saturnus), dan Minggu (Matahari).

Pembagian minggu menjadi tujuh hari dapat dikaitkan dengan sistem Babilonia. Sehubungan dengan jalur bulan, satu minggu adalah sekitar seperempat (23,659%) waktu dari satu bulan baru ke bulan baru berikutnya. Orang Babilonia merayakan hari suci setiap tujuh hari untuk menandai empat fase ini, dihitung dari malam bulan baru. Empat fase bulan–bulan baru, seperempat pertama, bulan purnama, seperempat terakhir–berlangsung selama sekitar 29,53 hari.

angka 7 pada dadu
Sisi-sisi dadu yang berlawanan berjumlah 7. Gaz vai Wikimedia Commons, CC BY-SA

Namun, kita juga memiliki alasan religius untuk berpikir bahwa angka 7 itu istimewa–pikirkan: tujuh dosa yang mematikan dan langit ketujuh. Di alam, ada tujuh keajaiban dunia, tujuh warna pelangi, tujuh lautan, dan tujuh benua. Dalam dunia perjudian, titik-titik di sisi berlawanan dari dadu biasa berjumlah tujuh dan ada kepercayaan umum bahwa serangkaian tujuh kocokan akan mengacak setumpuk kartu. Anehnya, delapan kocokan riffle yang sempurna akan mengembalikan setumpuk 52 kartu ke urutan aslinya.

Bersenang-senang dengan angka

Universitas Newcastle menyelenggarakan ”UK Numbers Festival“ pada tahun 2015 di berbagai tempat di timur laut Inggris. Pertanyaan yang diajukan dalam festival ini adalah: "Apa angka favorit kamu–dan mengapa?” yang dirancang untuk bertindak sebagai “perekat” untuk menyatukan beragam aspek festival. Pertanyaan yang menarik ini diharapkan dapat menangkap imajinasi wilayah dan mengajak masyarakat umum untuk berpikir lebih jauh tentang angka dan bagaimana angka mempengaruhi kehidupan mereka.

Steve Humble/Newcastle University, Author provided
Steve Humble/Newcastle University, Author provided
Steve Humble/Newcastle University, Author provided

Berikut ini adalah nomor yang paling populer dari 442 orang yang menjawab survei (dari total 10.000 orang yang hadir di festival). Tujuh adalah pilihan paling populer untuk laki-laki dan perempuan.

Survei ini juga mengungkapkan beberapa temuan lain. Nomor favorit terdistribusi lebih sedikit untuk perempuan, dengan 85% di antara responden memilih nomor kurang dari 30. Sebaliknya, 85% lak-laki memilih angka yang lebih rendah dari 64. Tidak ada perempuan yang memilih angka negatif, sedangkan tiga laki-laki memilih angka negatif.

Secara keseluruhan, 58% juga memilih angka ganjil. Namun, 55% pria memilih angka ganjil, dibandingkan 60% pada responden perempuan.

Hal ini bertentangan dengan kepercayaan tertentu tentang angka ganjil dan genap, seperti dalam teori Pythagoras dan filosofi Cina tentang Yin dan Yang, yang menganggap angka-angka dianggap memiliki pembagian gender–maskulin untuk angka ganjil dan feminin untuk angka genap.

Mengapa begitu banyak orang memilih angka 7?

Banyak orang yang menyatakan ketertarikannya pada angka 7 karena berbagai alasan dan bukan hanya karena angka itu dianggap sebagai angka keberuntungan. Sejumlah orang mengatakan bahwa mereka tidak tahu mengapa mereka menyukainya. Mungkin sebagian jawabannya terletak pada sebuah makalah yang diterbitkan pada tahun 1956 oleh psikolog George A Miller yang berjudul The Magical Number Seven, Plus or Minus Two. Miller mengklaim bahwa bukan hanya kebetulan saja bahwa angka 7 ada di sekitar kita.

Memori langsung kita telah terbukti bekerja dengan baik saat mengingat hingga, dan tidak lebih dari, tujuh hal. Kita dapat membedakan dan membuat penilaian tentang tujuh kategori yang berbeda, dan mengingat sekitar tujuh objek dalam sekejap.

Sebuah studi tahun 2008 tentang memori oleh Migliore, Novara dan Tegolo, menunjukkan bahwa otak menghasilkan informasi terbaik ketika cabang (dendrit) yang menerima rangsangan berjumlah tujuh. Hal ini menunjukkan bahwa kita mengingat paling baik dalam angka tujuh karena itulah cara otak kita lebih suka menyimpan data.

Orang-orang jelas memilih angka tujuh dalam survei angka favorit kami. Mungkin alasan mereka melakukan hal ini berkaitan dengan fungsi otak Miller. Atau mungkinkah, seperti yang dikatakan David Beckham, bahwa sejarah dari angka tersebutlah yang penting. Mungkin warisan ini sudah ada sejak zaman Babilonia dan sudah tertanam dalam otak kita. Atau mungkin angka 7 memang istimewa.


Rahma Sekar Andini dari Universitas Negeri Malang menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 184,400 academics and researchers from 4,972 institutions.

Register now