Menu Close

Blog

Menggali lebih dalam kebutuhan peneliti muda Indonesia untuk menjadi peneliti kelas dunia

Kami akan berdiskusi dengan peneliti-peneliti muda untuk mendengar masukan dan informasi relevan yang akan membantu kami merancang elemen-elemen dan kurikulum program fellowship. CDC/Unsplash, CC BY-SA

The Conversation Indonesia akan melaksanakan diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion - FGD ) Rabu, 17 Maret 2021, untuk memverifikasi temuan awal penelitian yang sedang kami lakukan untuk memahami kebutuhan peningkatan kapasitas peneliti muda dan persepsi mereka tentang lanskap penelitian di Indonesia.

Penelitian ini akan menjadi dasar pengembangan program pemberdayaan profesional (fellowship) The Conversation Indonesia untuk mencetak peneliti kelas dunia dalam minat penelitian ilmu kelautan, perubahan iklim, medis dan kesehatan, serta ketahanan masyarakat.

Pada 24 Februari hingga 10 Maret, kami meluncurkan survei untuk mengenali profil peneliti muda Indonesia, persepsi mereka akan atmosfer penelitian Indonesia, dan kebutuhan mereka untuk peningkatan kapasitas.

Sebanyak 286 peneliti muda, mereka yang berusia 45 tahun ke bawah yang sedang mendaftar atau menempuh atau telah lulus studi S3, mengisi survei tersebut. Kami mengucapkan terima kasih sedalam-dalamnya pada para responden yang sudah menyumbangkan waktu dan pikiran dalam mengisi survei.

Mayoritas responden (69,6%) berasal dari perguruan tinggi, diikuti oleh lembaga penelitian pemerintah dan non-pemerintah sebesar 24,6%. Dari jawaban yang masuk, banyak hal menarik yang menggembirakan dan bermanfaat bagi perkembangan program fellowship ini, di antaranya ide mengenai skema peningkatan kapasitas apa yang dibutuhkan. Sebesar 84% menyetujui bahwa program fellowship akan membantu peningkatan kapasitas, 42% menyetujui bahwa program perlu meliputi pelatihan pengembangan kompetensi.

Kami juga menemukan bahwa kebutuhan perbaikan kebijakan juga dianggap penting. Sebanyak 36,7% responden tidak setuju bahwa kebijakan yang ada saat ini mendukung untuk melakukan penelitian terdepan kelas dunia secara aktif, berbanding dengan 32,3% yang menyetujui.

FGD pada Rabu akan dilaksanakan secara daring pada pukul 14:00 WIB hingga 17:00 WIB. Kami akan berdiskusi dengan peneliti-peneliti muda untuk mendengar masukan dan informasi relevan yang akan membantu kami merancang elemen-elemen dan kurikulum program fellowship yang paling sesuai dengan kebutuhan menyeluruh dari para peneliti muda di Indonesia.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 183,000 academics and researchers from 4,949 institutions.

Register now