Menu Close

Naik turun perjalanan karir jurnalis perempuan bagai rollercoaster

Naik turun perjalanan karir jurnalis perempuan bagai rollercoaster

Selasa lalu, kita baru saja memperingati Hari Internasional Mengakhiri Impunitas Kejahatan terhadap Jurnalis.

Juga mengangkat tema jurnalistik, episode kali ini kita ingin mengupas lebih dalam penelitian baru terkait kepemimpinan perempuan di organisasi media di Indonesia bersama ketua tim riset, associate professor dari Monash University di Indonesia, Ika Karlina Idris, dan juga anggota tim riset Elizarni, yang juga merupakan anggota dari lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang perempuan di Aceh, Beujoh.

Dalam episode kali ini, kedua peneliti ini membeberkan banyak hal menarik di balik layar proses penelitian mereka yang menggabungkan berbagai metodologi riset untuk mendapatkan data dan cerita dari para responden.

Setelah mengamati dan mendengar cerita para jurnalis perempuan yang dengan gigih berjuang melawan semua tantangan dan hambatan dari organisasi dan lingkungan sekitar serta segala bentuk ketidakadilan dan kekerasan, riset ini menggambarkan perjalanan karir jurnalis perempuan layaknya menaiki rollercoaster. Di satu sisi menakutkan, tapi di sisi lain bisa menyenangkan.

Tapi mengapa rollercoaster? Simak lengkapnya di SuarAkademia – ngobrol isu terkini, bareng akademisi.

Seperti yang juga sudah disebutkan di dalam podcast, Ika Krismantari, penulis artikel dan editor pemantik diskusi pada episode ini, terlibat dalam riset ini sebagai anggota tim yang mendapatkan bantuan dana dari Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) dan Kedutaan Besar Belanda di Indonesia

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,900 academics and researchers from 4,948 institutions.

Register now