Menu Close

Obat sirup diduga menjadi penyebab gagal ginjal pada anak: apa itu etilen glikol dan dietilen glikol?

Obat sirup diduga menjadi penyebab gagal ginjal pada anak: apa itu etilen glikol dan dietilen glikol?

Kasus gagal ginjal akut yang menyerang anak anak, khususnya di Indonesia meningkat terutama dalam beberapa pekan terakhir. Sampai 24 Oktober 2022, tercatat ada 251 kasus gagal ginjal akut yang berasal dari 26 provinsi.

Sebelumnya, pada 5 Oktober 2022 Organisasi Kesehatan Dunia mengeluarkan peringatan atas 4 obat sirup dengan kandungan etilen glikol yang dicurigai menjadi pemicu adanya kasus meninggalnya 66 anak dengan gagal ginjal akut di Gambia. Peringatan ini diikuti penjelasan dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM).

Sebenarnya apa zat etilen glikol dan dietilen glikol ini? Apa bahayanya bila dua zat tersebut masuk ke dalam tubuh?


Read more: Kontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol dalam obat sirup akibatkan gagal ginjal akut? Empat hal yang perlu Anda ketahui


Dalam episode terbaru SuarAkademia kali ini kami berbincang dengan Lailaturrahmi, dosen dari Fakultas Farmasi Universitas Andalas.

Menurut Lailaturrahmi, etilen glikol dan dietilen glikol adalah zat yang sebenarnya sudah biasa digunakan untuk berbagai industri seperti pelumas, tekstil, dan bahan perekat yang berfungsi sebagai zat anti-beku.

Lailaturrahmi juga mengatakan apabila cemaran etilen glikol dan dietilen glikol pada obat melebih batas dan masuk ke dalam tubuh akan menghasilkan zat asam oksalat yang bisa merusak ginjal manusia.

Simak episode lengkapnya hanya di SuarAkademia – ngobrol seru isu terkini, bareng akademisi.

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 183,200 academics and researchers from 4,952 institutions.

Register now