Pada dasarnya, jangan lakukan ini. Flamingo Images/Shutterstock

Sains tunjukkan bagaimana cara menghindari gangguan saat belajar

Kehidupan modern penuh dengan gangguan - dan beberapa gangguan dapat memberi efek negatif terhadap kemampuan kita berkonsentrasi saat belajar. Masalahnya adalah banyak orang cenderung meremehkan seberapa besar mereka terganggu dengan apa yang terjadi di sekitar mereka. Berikut cara untuk mendapatkan hasil belajar terbaik dengan mempertimbangkan lingkungan Anda.

Membaca sering disertai dengan suara obrolan dari sekitar, seperti dari televisi atau percakapan teman atau kolega. Ketika mencoba untuk berkonsentrasi pada suatu tugas, beberapa orang sering mengatakan bahwa adanya obrolan di dekatnya mengganggu konsentrasi mereka. Tapi, biasanya mereka tidak cermat dalam memperkirakan secara akurat seberapa terganggunya mereka akibat suara-suara tersebut. Nyatanya, setelah diukur dalam laboratorium, ternyata kemampuan orang untuk mengerjakan tugas-tugas terkait studinya diperburuk oleh ucapan yang tidak relevan di sekitarnya.

Misalnya, sebuah penelitian terbaru merekam gerakan mata partisipan saat mereka membaca teks dan mendengarkan obrolan yang tidak relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membaca jadi memerlukan lebih banyak upaya karena partisipan harus lebih sering kembali ke kata-kata yang telah dibaca sebelumnya dan memeriksanya kembali. Gangguan ini terjadi karena pembaca secara tidak sengaja mencoba mendengarkan obrolan yang tidak relevan dan memproses maknanya, meskipun itu tidak ada hubungannya dengan apa yang mereka baca.

Mendengarkan musik adalah gangguan umum yang banyak dipilih pelajar. Survei baru-baru ini menemukan bahwa 62% mahasiswa belajar atau mengerjakan tugas sambil mendengarkan musik. Tapi, sekali lagi, bukti dari pembacaan pergerakan mata dengan komputer baru-baru ini menunjukkan bahwa mendengarkan musik juga mengurangi efisiensi dalam membaca dengan cara yang mirip dengan obrolan yang tidak relevan.

Hal ini mungkin terjadi karena pembaca mencoba memproses lirik musik yang didengar. Bahkan, rangkuman terbaru dari banyak penelitian terkait topik ini telah menyarankan bahwa mendengarkan musik berlirik mungkin sama mengganggunya dengan memahami teks sambil mendengarkan obrolan di sekitar.

Meski begitu, mendengarkan musik instrumental hanya memiliki sedikit efek negatif terhadap pemahaman ketika belajar. Jadi, jika Anda harus mendengarkan musik saat belajar, mungkin lebih baik mendengarkan lagu klasik daripada lagu pop terbaru.

Hindari penggunaan teknologi jika Anda mampu. A and I Kruk/Shutterstock

Masalah tugas ganda

Bahkan jika Anda belajar dalam ruangan yang kosong dan melepas headphone Anda, maka gangguan potensial besar dapat berupa ponsel pintar dan media sosial. Dalam satu penelitian, siswa yang mengerjakan tugas selama tiga jam rata-rata memiliki 35 gangguan, seperti memainkan ponsel, mengakses internet untuk tujuan non-belajar atau mendengarkan musik.

Jenis kegiatan tugas ganda semacam itu biasanya dikaitkan dengan kinerja belajar yang lebih buruk. Sebagai contoh, suatu penelitian menemukan bahwa siswa yang diizinkan untuk mengirim pesan melalui ponsel selama kuliah memiliki pemahaman materi yang lebih rendah daripada mereka yang mematikan ponsel. Survei baru-baru ini menemukan bahwa peningkatan penggunaan Facebook harian dikaitkan dengan peningkatan gangguan akademik.

Meski menggunakan media lain saat belajar merusak kinerja mereka, para pelajar ini mungkin tidak selalu sadar, karena mereka cenderung melebih-lebihkan kemampuan mereka dalam tugas ganda. Misalnya, satu studi meminta partisipan untuk melakukan satu atau dua tugas sekaligus. Tugas-tugas ini menilai apakah pernyataan yang diucapkan itu benar dan menghitung bentuk objek visual. Meskipun para remaja dan anak muda ini melaporkan kepercayaan diri yang kuat akan kemampuan melakukan tugas ganda, nyatanya, kinerja mereka hampir selalu lebih buruk dibandingkan ketika mereka hanya melakukan satu tugas.

Secara keseluruhan, hasil ini menunjukkan bahwa menggunakan media saat belajar harus dibatasi karena adanya penurunan kinerja saat melakukan tugas ganda. Salah satu strategi untuk menghindari efek negatif dari media adalah mengambil jeda teknologi singkat selama Anda mengakses internet, tapi kemudian batasi penggunaannya selama waktu belajar Anda. Opsi lainnya mungkin adalah menghindari penggunaan ponsel pintar dan perangkat lain sebelum belajar selesai pada hari itu, atau dengan menyimpan gawai tersebut jauh dari ruang belajar.

Jadi, saat Anda mengira bisa belajar di kafe yang ramai, atau dengan TV menyala, atau dengan ponsel tetap terhubung dengan dunia, kemungkinannya adalah hasil belajar Anda tidak sebagus yang Anda perkirakan. Dengan merencanakan sesi belajar yang meminimalkan gangguan eksternal, Anda dapat meningkatkan konsentrasi dan kinerja secara keseluruhan.

Franklin Ronaldo menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English