Menu Close
A pair of hands holding a handheld videogame
Hampir selama komputer diciptakan, video game sudah ada. Neilson Barnard/Getty Images

Siapa yang menciptakan video game?


Siapa yang menciptakan video game? TJ, usia 7, Worcester, Massachusetts, Inggris


Beberapa orang hanya senang bermain. Berikan mereka sebuah bola, atau sebuah pulpen, atau setumpuk dedaunan, dan mereka akan menemukan cara untuk bermain-main dengan itu. Bahkan, banyak orang yang senang bermain dengan hampir apapun, sesaat seseorang menciptakan sesuatu yang baru, mereka dapat segera menemukan cara untuk bermain dengan hal yang baru ditemui itu.

Christopher Strachey tidak menciptakan komputer modern. Dia bahkan tidak melihat satu pun komputer modern hingga 1951, beberapa tahun setelah si penemu pertama yang lain menciptakan komputer pertama. Tapi dia mengenal Alan Turing, yang merupakan salah satu penemu komputer modern, ketika dia masih kuliah di Inggris.

Five vertical racks of antique electronics
Mark I dianggap komputer pertama karena dapat menyimpan program yang ditulis untuk komputer itu sendiri. Anders Sandberg/Flickr, CC BY

Jadi ketika Strachey mendengar tentang Komputer Mark I yang baru diinstal di University of Manchester di Inggris, ia dapat meminta untuk mendapatkan salinan manual pemrograman. Dia mempelajari salinan itu, lalu mendapat kesempatan untuk menulis program untuk komputer. Orang-orang begitu terkesan dengan karyanya dan dia kemudian dengan cepat mendapatkan akses ke komputer di waktu istirahatnya sebagai guru.

Strachey menghabiskan waktu istirahatnya untuk bekerja pada checkers-playing program, yang sangat rumit pada kala itu. Program ini menunjukkan sebuah tampilan di layar - yang berupa tabung sinar katoda. Para pemain menulis gerakan yang muncul pada teletype, mesin tik yang terhubung secara elektronik ke komputer, yang keduanya mencetak gerakan di atas kertas dan mengirimnya ke komputer. Mesin akan “melihat langkah selajutnya” yang akan diambil, baik untuk memilih apa yang harus dilakukan selanjutnya ataupun untuk mencemooh langkah yang buruk.

a checkerboard displayed on a black and white cathode ray tube
Video game pertama adalah game checkers versi digital. Wikimedia Commons

Saya menyebut game ini “M.U.C Draughts” dalam buku saya “How Pac-Man Eats,” karena Strachey tidak pernah memberinya nama. M.U.C. adalah singkatan dari Manchester University Computer dan Draughts adalah nama Inggris untuk checker. Saya pikir ini adalah video game pertama. Tetapi ada banyak orang di luar sana yang mungkin telah menciptakan suatu game lebih dulu. Di saat yang sama saat Strachey menciptakan M.U.C. Draft, A.S. (Sandy) Douglas menciptakan permainan Tic-Tac-Toe, yang juga ditampilkan pada tabung sinar katoda, untuk komputer University of Cambridge Edsac. Di masa depan kita mungkin menemukan bahwa orang-orang yang menikmati berbagai game telah membuat video game lain untuk komputer-komputer buatan awal.

Orang-orang masih memainkan permainan kartu versi video game, tetapi game semacam ini biasanya bukanlah hal pertama yang kamu pikirkan ketika seseorang mengatakan “video game.” Umumnya orang berpikir tentang tampilan video yang menunjukkan ruang simulasi, dengan satu atau lebih fitur yang dapat dikontrol pemain di ruang itu - mungkin meluncur melintasi langit di game The Legend of Zelda: Breath of the Wild atau melintasi bangunan dan orang-orang di game Civilization.

Langkah besar berikutnya (yang saya ketahui) dalam menciptakan permainan semacam itu disebut Tennis for Two - meskipun game itu tidak bernama ketika dibuat. William Higinbotham, Robert V. Dvorak, dan David Potter menciptakan game itu sebagai demonstrasi di Laboratorium Nasional Brookhaven di Upton, New York, Amerika Serikat. Mereka menggunakan komputer analog kuno untuk membuat tampilan samping dari lapangan tenis, menunjukkan tanah, menunjukkan jaring, serta bola yang akan terbang di atas jaring. Tetapi setelah hari kunjungan, game itu diambil.

Spacewar! adalah proyek demonstrasi lainnya, dirilis pada tahun 1962 oleh sekelompok ilmuwan MIT, termasuk Steve “Slug” Russell, Peter Samson, Dan Edwards, dan Martin Graetz. Dalam pembuatannya, mereka berhasil menjadikan ini menjadi sangat populer dalam waktu yang sangat singkat.

Majalah Rolling Stone bahkan mensponsori “Olimpiade Spacewar!” pada tahun 1972 - tingkat publisitas yang luar biasa pada saat kebanyakan orang bahkan belum pernah melihat komputer secara langsung, apalagi memainkan video game.

Spacewar! adalah video game pertama yang menarik perhatian publik.

Spacewar! adalah game pertama yang biasa dilakukan orang di game-game masa kini. Game ini memiliki ruang simulasi dengan benda bergerak. Ruangan itu adalah ruang angkasa, dengan latar belakang bintang dan matahari tengah yang memberikan gravitasi. Ada elemen yang dikendalikan pemain di ruang itu, khususnya dua pesawat ruang angkasa yang terkunci dalam pertempuran. Dan ada visualisasi, seperti api yang muncul dari punggung kapal setiap kali pemain menggunakan pendorong mereka untuk bergerak.

Video Game pertama kali dipasarkan pada tahun 1972 dengan rilis konsol game MagoVox Odyssey. Ralph Baer, Bob Tremblay, Bob Solomon, Bill Rush, dan ilmuwan lainnya di Sanders Associates berusaha mencari cara untuk menciptakan game untuk televisi rumah. Mereka datang dengan gagasan bola yang dipukul bolak-balik: Electronic Ping-Pong, yang akhirnya berkembang menjadi Pong, sebuah game yang menjadi sangat populer.

Dari sanalah, video game menjadi berkembang di dunia - didukung oleh orang-orang yang suka bermain.


Rachel Noorajavi menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,700 academics and researchers from 4,947 institutions.

Register now