Menu Close

Tujuh alasan jalan Nordik lebih baik dibandingkan olahraga jalan kaki yang lain

Seorang wanita yang mengenakan jaket musim dingin menggunakan tongkat berjalan Nordik saat berjalan melalui taman.
Jalan Nordik dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan manfaat aktivitas berjalan biasa. Jacek Chabraszewski/ Shutterstock

Apakah kamu pernah melihat orang-orang berjalan dengan tongkat meskipun di permukaan datar dan bertanya-tanya alasan mereka melakukannya? Hal ini dikenal sebagai jalan Nordik, yang memiliki kemiripan dengan cara orang berjalan ketika melakukan ski lintas alam tetapi tanpa salju.

Berjalan dengan tongkat pertama kali dikembangkan di Skandinavia dan mulai dikenal di Eropa tengah sekitar 20 tahun yang lalu. Meskipun belum cukup populer, jalan Nordik memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah alasannya – di samping beberapa alasan untuk mencoba jalan Nordik.

1. Membakar lebih banyak kalori

Pada tahun 1995, para peneliti memahami bahwa berjalan Nordik membakar lebih banyak kalori daripada berjalan biasa. Faktanya, mereka menemukan bahwa jalan Nordik membakar kalori hingga 18% lebih banyak dari berjalan biasa.

Sejumlah penelitian telah mengonfirmasi temuan ini. Itulah sebabnya jalan Nordik disarankan sebagai bentuk olahrga yang tepat untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Satu studi di Italia bahkan menemukan bahwa orang-orang yang kelebihan berat bedan lebih cepat menurunkan berat badan mereka dengan melakukan jalan Nordik dibandingkan jalan kaki biasa.

Meskipun tidak membakar lebih banyak kalori daripada bentuk olahraga lain yang lebih intens – seperti berlari – jalan Nordik dapat menjadi pilihan olahraga ringan yang bagus atau sebagai cara untuk meningkatkan manfaat jalan kaki rutin kamu setiap hari.

2. Dapat mengurangi nyeri pada tubuh

Menggunakan tongkat saat berjalan dapat mendistribusikan berat badan melalui lengan dan dada, sehingga mengurangi ketegangan pada punggung, lutut, dan pinggul. Secara teori, ini berpotensi mengatasi nyeri punggung saat berjalan.

Namun, penelitian menunjukkan temuan beragam. Beberapa penelitian menemukan bahwa jalan Nordik dapat mengurangi nyeri punggung bagian bawah dan benturan pada lutut, sementara penelitian lain menunjukkan bahwa jalan Nordik tidak lebih efektif dari jalan biasa.

Jika kamu menderita nyeri punggung bawah, pinggul, atau lutut, jalan Nordik dapat membantu karena ini setidaknya mendistribusikan kembali berat badan kamu. Akan tetapi, sebaiknya kamu berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencobanya, dan berhentilah jika rasa sakit masih berlanjut bahkan saat menggunakan tongkat.

3. Meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas

Jalan Nordik lebih banyak melibatkan lengan dan bahu daripada jalan biasa, sehingga dapat meningkatkan kekuatan kamu. Penelitian telah menunjukkan bahwa jalan Nordik tidak hanya meningkatkan kekuatan genggaman tangan tetapi juga meningkatkan aktivitas otot pada bahu.

Kekuatan tubuh bagian atas–termasuk kekuatan genggaman–memiliki peran yang penting untuk banyak hal dalam aktivitas sehari-hari, mulai dari membawa belanjaan hingga mengisi pemanas air. Meningkatkan kekuatan otot juga penting untuk mencegah cedera karena dapat membantu menstabilkan persendian dan melindunginya saat bergerak di bawah benturan, seperti saat membawa tas belanjaan yang berat.


Read more: How strong your grip is says a lot about your health


4. Meningkatkan kekuatan otot inti

Jalan Nordik juga melibatkan lebih banyak otot inti, termasuk pada perut dan punggung, daripada jalan biasa.

Keterlibatan otot yang lebih besar akan membantu menguatkannya, dan pada akhirnya akan memperbaiki postur tubuh. Kekuatan otot inti yang lebih baik juga dapat meningkatkan keseimbangan dan kemampuan kamu untuk bergerak.

5. Mengurangi risiko terjatuh

Seiring bertambahnya usia, kita lebih cenderung untuk tersandung dan jatuh saat berjalan. Hal ini terutama disebabkan oleh penurunan kekuatan otot, masalah keseimbangan, dan masalah pada cara berjalan.

Dua wanita lansia yang menggunakan mantel musim dingin berjalan menyusuri jalan hutan dengan tongkat jalan
.
Jalan Nordik dapat meningkatkan keseimbangan. Alexey Smyshlyaev/ Shutterstock

Manfat jalan Nordik akan kamu dapatkan ketika meletakkan tongkat di tanah pada waktu yang bersamaan saat menggunakan kaki kamu. Hal ini akan meningkatkan keseimbangan dan menurunkan risiko terjauh.

Faktanya, suatu penelitian menunjukkan bahwa keseimbangan orang-orang yang mengikuti program jalan Nordik selama tiga minggu telah meningkat – bahkan ketika berjalan tanpa tongkat. Oleh karena itu, tidak heran jika Public Health England merekomendasikan jalan Nordik untuk meningkatkan keseimbangan para lansia.

6. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Penelitian menunjukkan bahwa jalan Nordik dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular hanya dalam kurun waktu empat minggu.

Studi lain pada beberapa perempuan obesitas juga menemukan bahwa jalan Nordik mampu memperbaiki tekanan darah, walaupun dengan tingkat yang tidak jauh berbeda dari jalan biasa. Tidak hanya itu, jalan Nordik juga telah menjaga kadar gula darah saat istirahat pada perempuan setelah menopause. Ini merupakan hal penting dalam mencegah diabetes dan menjaga kadar kolesterol dalam darah.

7. Membantu berjalan lebih cepat

Jalan Nordik dapat membantu kamu mencapai tempat tujuan lebih cepat daripada jalan biasa. Faktanya, sebuah ulasan menunjukkan bahwa jalan Nordik meningkatkan kecepatan berjalan rata-rata hingga 25%. Hasilnya, lebih banyak kalori akan terbakar. Jika kamu berjalan Nordik selama 30 menit, kamu dapat berjalan lebih jauh dan membakar lebih banyak kalori daripada berjalan biasa.

Hal ini dengan jelas menunjukkan keuntungan-keuntungan jalan Nordik yang akan bermanfaat bagi orang-orang yang tidak menyukai jenis olahraga lain – seperti lari – tetapi tetap ingin melakukan aktivitas dengan intensitas yang lebih tinggi daripada jalan cepat.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now