Menu Close
Beberapa anjing mungkin mengasosiasikan perjalanan dengan mobil dengan perjalanan ke pantai atau taman - sementara yang lain hanya mengingat perjalanan ke dokter hewan. Linda Colquhoun/flickr, CC BY-SA

Apakah benar anjing tidak suka bepergian?

Halo. Ayah saya mengatakan bahwa anjing tidak suka bepergian. Apakah itu benar? - Ankush, India.

Hai Ankush. Terima kasih atas pertanyaannya. Jawabannya sedikit tergantung pada anjing dan apa yang kamu maksud dengan perjalanan.

Sebagian besar anjing tidak suka bepergian, dan mereka yang suka bepergian biasanya harus belajar untuk menyukainya.

Di alam liar, terlalu banyak berpetualang dapat membuat anjing terbunuh, sehingga anjing mungkin telah berevolusi untuk menjadi lebih berhati-hati dan tetap dekat dengan hal-hal yang sudah dikenalnya. Meskipun demikian, anjing mungkin melihat beberapa jenis perjalanan sebagai kesempatan untuk menemukan hal-hal yang mereka inginkan - seperti makanan atau pasangan.

Rumah yang nyaman

Adalah hal yang normal bagi anjing untuk menghargai wilayah yang mereka kenal dengan baik. Di sana mereka tahu bahwa mereka dapat menemukan makanan, air, dan tempat berlindung dengan mudah.

Tempat ini juga merupakan rumah bagi hal yang paling berharga bagi mereka: kelompok sosial mereka. Yaitu, anjing atau manusia lain yang mereka kenal dan sukai. Ya, anjing mungkin melihat manusia yang tinggal bersamanya sebagai kelompok sosial mereka.

Banyak anjing yang paling bahagia di daerah asalnya. Flickr/anji barton, CC BY

Sebagian besar anjing memiliki apa yang oleh para ilmuwan disebut sebagai “daerah jelajah”. Itu adalah area mereka merasa nyaman. Inti dari daerah jelajah adalah sarangnya (misalnya, anjing kamu mungkin melihat rumah dan kebun kamu sebagai sarangnya). Di luar inti tersebut, ada yang kita sebut sebagai pinggiran - yang mungkin berupa halaman depan rumah tetangga, taman di ujung jalan, dan jalan raya.

Anjing dapat mengenali daerah asalnya dari baunya. Pernahkah kamu melihat seekor anjing mengendus-endus pohon dan tiang lampu atau menggoreskan cakar belakangnya ke tanah? Begitulah cara anjing menandai wilayah mereka dengan aroma mereka sendiri.

Banyak manusia yang senang bepergian, tetapi bagi anjing, bepergian terlalu jauh dari rumah memiliki risiko. Anjing yang berkeliaran di wilayah orang lain mungkin kalah jumlah dengan anjing lain, atau dikalahkan oleh individu yang lebih kuat. Atau mereka mungkin kembali ke wilayah asal mereka hanya untuk menemukan bahwa kelompok sosial berubah ketika mereka pergi dan mereka tidak lagi cocok seperti dulu.

Bepergian dengan teman

Ketika kita melatih anjing di area yang tidak dikenal, mereka mungkin menyukai tantangan dari semua tempat dan aroma baru untuk dijelajahi. Banyak anjing yang sangat senang saat mereka menjelajahi semua ini bersama kita, kelompok sosial mereka, tetapi ketika sendirian, respons mereka mungkin sangat berbeda.

Bagi banyak anjing, perjalanan ke taman lokal dapat menjadi bentuk perjalanan yang menyenangkan dan aman. Flickr/Gabe Lippmann, CC BY

Bagi anjing domestik, berolahraga di luar sarang (rumah dan kebun) sangat menyenangkan karena menawarkan banyak kesempatan: bermain, buang air kecil dan buang air besar di tempat baru, menjelajah dan makan makanan, bertemu dan menyapa anjing-anjing lain, menandai wilayah, dan menemukan pasangan.

Jadi, beberapa anjing akan mengambil kesempatan untuk berkeliaran, jika mereka benar-benar perlu melakukan hal-hal tersebut.

Perjalanan dengan mobil - berkah yang beragam

Banyak anak anjing dan anjing yang tidak terbiasa dengan mobil akan mengalami mabuk mobil. Namun sekali lagi, mobil juga dapat menjadi cara bagi anjing untuk menemukan berbagai macam bau, melihat anjing baru, atau berjalan-jalan di wilayah baru. Perjalanan dengan mobil dapat membawa kegembiraan yang luar biasa bagi beberapa anjing, setelah mereka terbiasa dengan perjalanan dengan mobil.

Bagi sebagian anjing, mobil dapat menjadi cara bagi mereka untuk menemukan berbagai macam bau, melihat anjing-anjing baru, atau berjalan-jalan di daerah yang baru. Flickr/Linda Colquhoun, CC BY-SA

Bagi sebagian anjing, naik ke dalam mobil diasosiasikan dengan perjalanan ke taman atau pantai. Bagi sebagian lainnya, hal ini mengingatkan mereka akan perjalanan ke dokter hewan, saat mereka mungkin pernah mengalami pengalaman yang menakutkan, seperti disuntik.

Anjing belajar untuk tidak memercayai bau ruang tunggu dokter hewan dan sekarang beberapa dokter hewan menggunakan feromon yang menenangkan di klinik mereka. Feromon adalah bahan kimia khusus yang dapat memengaruhi suasana hati.

Pada akhirnya, sebagian besar anjing paling bahagia di tempat yang mereka kenal dengan baik. Flickr/Giuseppe Milo, CC BY

Jadi, apakah anjing suka bepergian atau tidak, mungkin sangat bergantung pada masing-masing anjing dan pengalaman hidup mereka. Hal ini mungkin tergantung pada apakah perjalanan mengingatkan mereka pada perjalanan yang menyenangkan atau perjalanan yang penuh dengan ketakutan.

Terlepas dari apa yang dikatakan oleh beberapa film, hanya sedikit anjing yang pernah bepergian dan ingin menjelajahi dunia. Pada akhirnya, mereka biasanya paling senang berada di rumah.


Rahma Sekar Andini dari Universitas Negeri Malang menerjemahkan artikel ini dari bahasa Inggris.

This article was originally published in English

Want to write?

Write an article and join a growing community of more than 182,600 academics and researchers from 4,945 institutions.

Register now